Hutama Karya gelar Operasi Micro Sleep bagi pengguna Jalan Tol Trans Sumatera

id Operasi Micro sleep,Hutama Karya,Lampung,Jalan Tol Trans Sumatera,operasi microsleep

Hutama Karya gelar Operasi Micro Sleep bagi pengguna Jalan Tol Trans Sumatera

Petugas gabungan dari PT Hutama Karya (HK), Kepolisian dan TNI menggelar Operasi Mengantuk (Microsleep) dan Kelayakan Kendaraan di Km 306 ruas Tol Terbanggi Besar Pematang Panggang, Kayu Agung (Terpeka) Kabupaten Mesuji, Lampung, Jumat (30/12/2022). Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengimbau para pengemudi yang melintas di jalur tol untuk beristirahat di rest area ketika sudah mengantuk saat berkendara di ruas tol guna menekan angka kecelakaan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung di masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. ANTARA/Ardiansyah

Iya, jadi kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya.
Bandar Lampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (HK) ruas Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) melaksanakan kegiatan rutin Operasi Microsleep yang berlangsung di Rest Area Km 309, Jumat, 30 Desember 2022. 

Sejumlah kendaraan yang melintas di jalur B Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang memasuki Rest Area 309 dilakukan pemeriksaan oleh petugas dari PT HK dan gabungan TNI serta Polri. 

Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Tol Terpeka Yoni Satyo Wisnuwardhono mengatakan, pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari kampanye setuju alias selamat sampai tujuan. Sebuah kampanye yang bertujuan meningkatkan kesadaran berkendara di Jalan Tol Trans Sumatera.

"Iya, jadi kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya, ini kami kampanyekan SETUJU atau selamat sampai tujuan," ujarnya pula. 

Yoni menambahkan, kampanye keselamatan berkendara tersebut bertujuan yang pertama adalah setuju bahwa keselamatan itu nomor satu; yang kedua setuju untuk menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan di jalan tol; yang ketiga setuju untuk tertib berkendara; yang keempat setuju untuk tertib kecepatan; yang kelima setuju untuk tertib muatan. 

"Jadi kesimpulannya adalah setuju untuk menurunkan tingkat kecelakaan, maupun fatalitas yang terjadi di Jalan tol," ujarnya lagi. 

Yoni juga menjelaskan, kegiatan ini sudah dilakukan hampir dua tahun terakhir, dan dari kegiatan ini dampak yang dihasilkan adalah adanya penurunan angka kecelakaan lalu lintas di jalan tol. 

"Kalau dampak penurunan (tingkat kecelakaan) itu kurang lebih sudah 40 persen, dan kampanye ini bisa dikatakan efektif menurunkan angka kecelakaan itu sendiri," ujarnya lagi. 

Yoni menambahkan, kegiatan ini dapat kita lihat tujuannya adalah agar para pengemudi yang lelah diarahkan petugas untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan, dan diberikan kopi serta makanan ringan.

"Kami menggelar Operasi Microsleep dengan mengarahkan pengemudi ke rest area untuk dibagikan snack dan kopi. Kemudian, pengemudi akan diminta untuk beristirahat terlebih dahulu di rest area," katanya pula. 

Berry, pengemudi asal Palembang yang akan ke Bandarlampug mengatakan, sangat mendukung apa yang dilaksanakan oleh Hutama Karya yang sangat perhatian kepada para pengguna jalan tol. 

"Kegiatan ini sangat baik untuk kami para pengendara, saya seminggu sekali menggunakan akses jalan tol, dengan adanya kegiatan ini saya sangat senang karena kita diingatkan untuk beristirahat jika lelah saat berkendara di jalan tol," katanya lagi.
Baca juga: Tekan angka kecelakaan di jalan tol hingga 40 persen, Hutama Karya akan rutin gelar operasi microsleep
Baca juga: HK ruas Bakter gelar operasi microsleep kurangi risiko kecelakan di jalan tol