Pemkab Pringsewu ikuti Apel Gabungan Siaga Bencana tahun 2022

id lampung, pringsewu, pj bupati, bupati

Pemkab Pringsewu ikuti Apel Gabungan Siaga Bencana tahun 2022

Pemkab Pringsewu ikuti apel gabungan siaga bencana tahun 2022 (ANTARA/HO-Pemkab Pringsewu)

Bandarlampung (ANTARA) - Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Pringsewu Hasan Basri, mengikuti Apel Gabungan Siaga Bencana, yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Pringsewu, Senin (10/10/22).

Kapolres Pringsewu dalam sambutannya menjelaskan, mendasari peringatan yang disampaikan oleh BMKG, bahwa curah hujan tinggi terjadi di beberapa wilayah yang ada di Indonesia pada awal Bulan Oktober 2022 ini, dan untuk wilayah Sumatera diprediksi curah hujan dengan kategori menengah.

Walaupun demikian, sebelum terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Pringsewu, dan tidak mengurangi kesiapsiagaan dalam penanganan bencana, utamanya yaitu banjir, angin puting beliung dan tanah longsor yang dapat menimbulkan bahaya.

"Kita semua harus benar-benar memastikan kesiapsiagaan Satuan Tugas (Satgas), kesiapan peralatan, ketersediaan bahan pangan serta kebutuhan yang diperlukan dalam mengantisipasi terjadinya bencana,” ujar Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi

Apel siaga ini diselenggarakan dengan tujuan agar ada sinergi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana alam. Meski demikian, kita tentunya berharap agar tidak ada bencana yang terjadi di Kabupaten Pringsewu. Selain itu, apel ini juga digelar dalam rangka meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi musim penghujan serta memberikan pemahaman penanganan bencana kepada para pemangku kepentingan dan relawan.