Ketum Demokrat AHY minta dilakukan investigasi menyeluruh atas tragedi Kanjuruhan

id AHY, kanjuruhan, investigasi

Ketum Demokrat AHY minta dilakukan investigasi menyeluruh atas tragedi Kanjuruhan

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pidato politik pada Pelantikan DPC Partai Demokrat se-Provinsi Jawa Tengah di Magelang, Senin (3/10/2022) ANTARA/Heru Suyitno

Magelang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta dilakukan investigasi menyeluruh dan tuntas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10) yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka.

"Kami menuntut pertanggungjawaban dari semua pihak dalam tragedi tersebut. Harus dilakukan investigasi secara menyeluruh dan tuntas," kata AHY pada Pelantikan DPC Partai Demokrat se-Provinsi Jawa Tengah di Magelang, Senin.

Menurut dia satu nyawa hilang sudah terlalu banyak, apalagi seratusan, padahal seharusnya hal itu sebuah ajang yang membawa kegembiraan untuk masyarakat.

"Jumlah korban banyak sekali, sulit diterima dengan logika hari ini. Oleh karena itu menurut saya 1 Oktober selamanya tidak hanya dikenang sebagai Hari Kesaktian Pancasila, tetapi juga menjadi lembar yang kelam dalam dunia olahraga nasional," katanya.

Ia menyampaikan tragedi di Kanjuruhan itu ternyata terburuk nomor dua dalam sejarah persepakbolaan di dunia, memilukan dan juga tentunya memalukan.

AHY menuturkan jika dari investigasi nanti memang terbukti ada kesalahan-kesalahan prosedur dalam menangani situasi di lapangan baik yang dilakukan oleh panitia pelaksana atau panitia penyelenggara maupun aparat.

"Harus bisa dipertanggungjawabkan langsung kepada rakyat," katanya.

Partai Demokrat menyerukan agar hukum ditegakkan secara adil, karena tidak ingin tragedi semacam itu terjadi di tempat yang lain.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AHY minta dilakukan investigasi menyeluruh atas tragedi Kanjuruhan