Dua pabrik sawit Bengkulu mulai batasi pembelian

id Mukomuko

Dua pabrik sawit Bengkulu mulai batasi pembelian

Puluhan mobil dum truk antre menjual tandan buah segar kelapa sawit di salah satu pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Selasa (14/6/2022) ANTARA/Ferri.

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengatakan hanya dua dari 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini yang membatasi jumlah pembelian tandan buah segar kelapa sawit petani di daerah ini akibat tangki penampungan CPO milik perusahaan itu penuh.

"Saat ini hanya dua pabrik yang membatasi pembelian TBS kelapa sawit petani setempat, yakni PT Usaha Sawit Mandiri dan PT Sapta Sentosa Jaya Abadi," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Meri Marlina, dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.
 
Sedangkan dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini, hanya PT Sentosa Sejahtera Sejati yang berhenti beroperasi mengolah tandan buah segar kelapa sawit akibat tangki penampungan CPO milik perusahaan itu penuh.
 
PT Sentosa Sejahtera Sejati yang berhenti beroperasi selain tangki penampungan CPO penuh, ada pemeliharaan dan mereka juga belum ada penjualan CPO.

Sedangkan tujuh pabrik minyak kelapa sawit atau CPO beroperasi normal dengan menerima semua tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang dijual oleh masyarakat petani di daerah ini.
 
Sementara itu, harga jual tandan buah segar kelapa sawit pada tingkat pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di daerah ini saat ini turun dibandingkan sebelumnya.