Konjen Jeddah: Taati ketentuan Pemerintah Arab Saudi

id jamaah haji Indonesia,pelayanan haji,ibadah haji

Konjen Jeddah: Taati ketentuan Pemerintah Arab Saudi

Konjen RI di Jeddah Eko Hartono (baju hijau) menyambut kedatangan jamaah haji Embarkasi Solo (SOC1) dari Madinah di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (2/6/2022). (ANTARA/HO MCH Kemenag)

Pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan ketat, mereka yang pernah dideportasi tidak boleh kembali ke Saudi, katanya
Mekkah (ANTARA) - Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono mengingatkan jamaah calon haji Indonesia untuk menaati ketentuan Pemerintah Arab Saudi selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Saat menerima jamaah calon haji Embarkasi Solo yang tiba di Mekkah dari Madinah, Minggu malam, Eko mengatakan Arab Saudi kini memberlakukan aturan yang lebih ketat dalam pelaksanaan ibadah haji.

"Pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan ketat, mereka yang pernah dideportasi tidak boleh kembali ke Saudi. Ketentuannya 10 tahun (baru boleh ke Arab Saudi lagi), dulu lima tahun," kata Eko.

Oleh karena itu, jamaah Indonesia agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang dilarang oleh Pemerintah Arab Saudi selama berada di Tanah Suci.

Jika melakukan pelanggaran maka anggota jamaah bisa berurusan dengan kepolisian dan berpotensi dideportasi.

Eko mengingatkan anggota jamaah Indonesia agar tidak berfoto bersama dengan membawa spanduk penanda identitas kelompok atau penanda kelompok yang lain di depan ka'bah.