Polisi tingkatkan pengamanan Sembahyang Kubur

id Cheng Beng di Bangka,Kapolres Bangka Indra Kurniawan,Sungailiat Bangka

Polisi tingkatkan pengamanan Sembahyang Kubur

Polisi mengamankan Cheng Beng di Bangka (ANTARA/Kasmono)

Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Kepolisian resor Bangka Polda Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan pengamanan Sembahyang Kubur (Cheng Beng) 2573 di lima titik kegiatan tradisi etnis Tionghoa.

Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan melalui Kabag Ops Polres Bangka AKP Capt Yordansyah dalam keterangan, Selasa mengatakan, pengamanan pada puncak tradisi Cheng Beng sebagai upaya kepolisian memberikan jaminan keamanan etnis Tionghoa menjalankan tradisi tahunan

"Kami menerjunkan 40 personel menjalankan tugas pengamanan di lima titik Sembahyang Kubur seperti di perkuburan jalan A. Yani, di Desa Rebo, perkuburan Lingkungan Jelitik, Parit 7 Kuday, Lingkungan Bedeng Ake Sinarjaya dan perkuburan lain," jelasnya.

Pengamanan dijadwalkan pada puncak Cheng Beng dengan pertimbangan jumlah warga Tionghoa yang melakukan ritual Sembahyang Kubur lebih banyak dibandingkan hari biasa meskipun Cheng Beng sudah digelar beberapa minggu sebelumnya.

"Selain pengamanan di kawasan perkuburan, sejumlah personel yang ditugaskan di lapangan juga membantu pengaturan lalu lintas kendaraan agar tertib dan lancar," jelasnya.

Dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerahnya untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), segera melapor ke pihak kepolisian terdekat jika mengetahui adanya dugaan ancaman gangguan keamanan.