BCA sebut pengajuan KPR melalui pengembang naik 32 persen pada 2021

id BCA,KPR,PPN Properti,DP Nol Persen

BCA sebut pengajuan KPR melalui pengembang naik 32 persen pada 2021

EVP Consumer Loan BCA Felicia Simon dalam Virtual Press Conference BCA Expoversary Online 2022 di Jakarta, Kamis (24/02/2022). (ANTARA/Agatha Olivia)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui pengembang atau developer meningkat 32 persen dan melalui agen properti naik 12 persen sepanjang tahun 2021.

"Para pengembang dan agen properti lebih siap dan cukup cepat melakukan shifting dari cara berjualan yang konvensional menjadi dengan memanfaatkan berbagai media sosial dan media digital," ujar EVP Consumer Loan BCA Felicia Simon dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Kamis.

Dengan demikian, hal tersebut menyebabkan angka outstanding KPR BCA padatahun 2021 pun melebihi level sebelum pandemi.

Felicia menjelaskan pertumbuhan pengajuan KPR melalui agen tak setinggi pengembang disebabkan sempat terjadinya koreksi harga properti di pasar sekunder saat pandemi melanda.

Oleh karena itu banyak transaksi penjualan rumah di pasar sekunder yang dilakukan secara tunai, bukan KPR.

"Biasanya kalau yang butuh uang di masa pandemi itu penjual rumahnya butuh uang, jadi pembelinya juga harus punya uang tunai," ungkap dia.

Dengan besarnya minat KPR pada tahun lalu, dirinya pun meyakini pada tahun 2022 terdapat optimisme yang sama dari para pelaku di industri properti, hingga regulator yang masih terus memperpanjang stimulus seperti relaksasi rasio Loan to Value (LTV) dan relaksasi pencairan dana properti inden.

Dari segi perpajakan, masih terdapat pula relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) properti, sehingga dapat meningkatkan gairah masyarakat untuk membeli rumah baru.

"Kami optimistis di tahun 2022 ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun 2021. Semoga pemerintah bisa cepat berhasil menanggulangi kondisi varian Omicron sehingga aktivitas bisa kembali lagi berjalan dengan normal," tutur Felicia.