Poltekpar Lombok siap sediakan SDM untuk dukung MotoGP 2022

id Sandiaga Uno,Poltekpar Lombok,Pariwisata,MotoGP,Mandalika

Poltekpar Lombok siap sediakan SDM untuk dukung MotoGP 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Politeknik Pariwisata Lombok, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu (12/1). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok siap mendukung perhelatan MotoGP 2022 dengan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal dan akomodasi memadai untuk menyambut wisatawan.

Untuk menambah ketersediaan akomodasi di Lombok jelang perhelatan MotoGP Indonesia 2022, lanjutnya, Poltekpar Lombok telah menyediakan 27 kamar berstandar internasional.

“Kami juga menyediakan fasilitas jika diperlukan bagi campervan (transportasi untuk beristirahat) seperti tempat parkir dan juga camping ground (bumi perkemahan) lengkap dengan fasilitas toilet, air bersih, penerangan, dan listrik yang dapat membantu akomodasi para pengunjung,” ujar dia saat berkunjung ke Poltekpar Lombok, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, Rabu (12/1).

Selain akomodasi Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta), cruise (hotel terapung di kapal pesiar), cabin (menginap di tenda dengan fasilitas mewah), Poltekpar Lombok juga menjadi salah satu akomodasi tambahan untuk menerima sekitar 300 wisatawan yang menonton ajang MotoGP di Mandalika.

Baginya, penciptaan dan pengelolaan SDM menjadi salah satu faktor kunci karena SDM pariwisata menjadi garda terdepan bagi wisatawan.

“Kalian ada di garda terdepan, kalian menjadi muka pertama bagi wisatawan yang datang ke Lombok untuk MotoGP. Pastikan bahwa keramahtamahan khas Lombok ini menjadi memori dan kenangan terindah bagi para wisatawan,” ungkap Menparekraf.

Dalam arahannya, ia juga menyampaikan SDM andal harus siap kerja dan mampu membangkitkan ekonomi. Sehingga, para wisatawan yang datang ke Mandalika bersedia datang kembali pada tahun-tahun ke depan dengan membawa keluarga dan sanak saudara agar masyarakat kian sejahtera berkat kehadiran wisatawan.

Poltekpar Lombok menyiapkan pula logistik makanan dan SDM untuk royal box (tribun khusus untuk penonton MotoGP), karena akan ada VIP Village atau naratama khusus yang memperoleh akses menonton di dekat paddock (garasi setiap tim balap).

“Kami juga diminta untuk menyediakan SDMnya sebagai para pendukung yang nantinya akan bertugas di sana, SDM yang disiapkan untuk kesuksesan MotoGP 2022 mendatang,” kata Sandiaga.


 

Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022