Watford bersikeras Ismail Sarr tidak fit guna tampil di Piala Afrika

id watford,ismaila sarr,timnas senegal,piala afrika,liga inggris

Watford bersikeras Ismail Sarr tidak fit guna tampil di Piala Afrika

Pemain Watford Ismaila Sarr (kiri) berebut bola dengan pemain Manchester United Alex Telles (pada pertandingan babak ketiga FA Cup di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (10/1/2021) dini hari. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Manchester United dengan skor 1-0. ANTARA FOTO/Action Images/Carl Recine/via REUTERS/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Watford bersikeras bahwa penyerang sayap mereka Ismaila Sarr tidak fit untuk tampil di Piala Afrika yang akan bergulir bulan ini, setelah dituduh oleh timnas Senegal menghalang-halangi kepergian pemain berusia 23 tahun itu.

Federasi Sepak Bola Senegal, FSF, mengatakan Watford alasan "palsu" ketika menolak melepaskan Sarr tampil di Piala Afrika, tapi klub Liga Premier Inggris itu mengundang tim medis timnas Senegal untuk memeriksa kondisi cedera si pemain.

"Ismaila Sarr menderita cedera ligamen lutut pada 20 November dalam pertandingan melawan Manchester United dan sejak itu tidak pernah bugar untuk main bersama kami," demikian pernyataan resmi Watford dalam situs resmi klub, Minggu.

"Pada awal Desember, klub sudah mengirim surat kepada FSF menjelaskan diagnosa klinis cedera Ismaila dan segera mengirimkan hasil pemindaian MRI yang secara detil memperlihatkan kondisi cedera.

"Setelah konsultasi lanjut dengan ahli medis, kami menginformasikan kepada federasi terkait proses rehabilitasi Ismaila dan perkiraan jangka waktu pemulihannya.

"Dalam sepuluh hari terakhir, klub kembali mengingatkan kepada FSF tentang status medis terkini Sarr dan jadwal pemulihannya.

"The Hornets juga sudah mengundang FSF untuk mendatangkan tim medis mereka untuk mengkonfirmasi diagnosa dan jadwal pemulihan itu," tulis pernyataan yang sama.

Pernyataan itu dirilis Watford menyusul permintaan Senegal kepada FIFA untuk mengambil langkah intervensi dan menuntut klub agar melepaskan Sarr agar bisa bergabung dengan timnas untuk menjalani persiapan di Dakar.

"Klub Inggris Watford memberi tahu dengan basis argumen palsu keputusan mereka untuk memblokir pemain, yang telah menyatakan keinginan untuk bergabung dengan timnas Senegal untuk Piala Afrika," demikian pernyataan yang ditandatandani Sekretaris Jenderal FSF Victor Seh Cisse.

"FSF segera merespon untuk mengkonfirmasi pemanggilan pemain dan kewajiban klub melepas pemain mereka paling lambat 3 Januari.

"FSF ingin menyampaikan kecaman mendalam atas perilaku Watford yang tidak sopan, merusak dan diskriminatif dalam upaya menghalang-halangi seseorang membela timnasnya.

"Afrika, dunia sepak bola dan pesepakbolanya pantas mendapatkan rasa hormat yang setara seperti benua, konfederasi dan pemain-pemain lain.

"FSF akan menempuh segala cara untuk memastikan bahwa hak dasar para pemainnya bermain membela timnas dihormati," tulis pernyataan tersebut.

Sarr menjadi pemain kedua yang tidak dilepas oleh Watford untuk gelaran Piala Afrika bulan ini, setelah sebelumnya mereka juga menolak melepaskan penyerang Nigeria Emmanuel Dennis dengan mengatakan federasi sepak bola negara itu (NFF) melampaui tenggat waktu pemberitahuan tentang pemanggilan pemain kepada klubnya.

Nigeria tidak membantah klaim Watford tersebut dan memutuskan sudah mencari pengganti Dennis untuk skuat mereka.

Di luar dua pemain tersebut, Watford dipastikan akan kehilangan bek Nigeria William Troost-Ekong serta duo Maroko Imran Louza dan Adam Masina selama penyelenggaraan Piala Afrika pada 9 Januari s.d. 6 Februari 2022.