Universitas Gunadarma kunjungi kebun edukasi di Lampung Selatan

id lampung, lampung selatan

Universitas Gunadarma kunjungi kebun edukasi di Lampung Selatan

Universitas Gunadarma kunjungi kebun edukasi di Lampung Selatan (ANTARA/HO-Pemkab Lamsel)

Saya asli dari Kalianda, jadi memang putri daerah. Daerah (Lampung Selatan) kita tuh kaya banget, punya segala macam potensi, ujar Fitri Rismiyati

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat, melaksanakan program pengabdian masyarakat pengembangan potensi wisata di daerah, salah satunya dengan menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang dinilai memiliki banyak potensi wisata.

Dosen Universitas Gunadarma Fitri Rismiyati mengatakan, Kabupaten Lampung Selatan merupakan daerah yang memiliki potensi alam yang luar biasa, hal ini membuat pihaknya tertarik untuk ikut serta dalam mengembangkan desa-desa wisata yang ada di wilayah kabupaten paling ujung Pulau Sumatera ini.

“Saya asli dari Kalianda, jadi memang putri daerah. Daerah (Lampung Selatan) kita tuh kaya banget, punya segala macam potensi,” ujar Fitri Rismiyati ditemui usai berkeliling di Kebun Edukasi bersama Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kamis (21/10/21).

Fitri Rismiyati menjelaskan, rencana kolaborasi Universitas Gunadarma dengan Pemkab Lampung Selatan telah dibahas dalam pertemuan dengan bupati beberapa waktu lalu.

Baca juga: Gubernur apresiasi kebun edukasi Lampung Selatan

“Ingin kembangkan pariwisata di sini. Kebetulan sempat ketemu dan ngobrol dengan pak bupati di Jakarta. Nah, hasil dari ngobrol itulah realisasinya sekarang ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Fitri Rismiyati menyampaikan, program itu juga merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh Universitas Gunadarma, dimana  mahasiswa akan belajar praktik secara langsung di lapangan terkait dengan mata kuliah yang sedang ditempuh.

Hal itu kata dia, juga telah sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami tim Universitas Gunadarma ingin berpartisipasi aktif, karena salah satu bentuk dari Tri Dharma Pendidikan yaitu ingin membantu mengembangkan potensi pariwisatanya,” katanya.

Baca juga: Telkom dukung pengembangan kebun edukasi

Dia menyebut, sebagai sasaran utama Universitas Gunadarma akan melakukan pengembangan potensi wisata yang ada di Desa Srikaton, Kecamatan Tanjung Bintang.

Namun tidak hanya di situ, ke depan akan banyak desa-desa wisata yang akan dikembangkan mengingat luasnya keindahan hamparan pesisir pantai yang dimiliki oleh Lampung Selatan.

“Ada satu desa yang telah menjadi pilot project. Nah, kemudian setelah ini sukses kita mungkin akan mengembangkan desa-desa yang lain. Karena teman-teman dosen yang lain begitu masuk ke Kalianda, langsung terpesona semua dengan alamnya,” kata dia.

Baca juga: Bupati Lampung Selatan ajak Wakil Rektor Unila kunjungi kebun edukasi Lamsel

Bukan tanpa alasan, ketertarikan tim dari Universitas Gunadarma untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Lampung Selatan, hal ini didasari oleh berbagai aspek, seperti potensi alam yang luar biasa indah dan keramahtamahan masyarakat setempat.

“Tinggal bagaimana kita memolesnya aja, karena dari masyarakatnya pun secara alami keramahtamahannya sudah ada. Kita lakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Melibatkan masyarakat lokal mulai dari A sampai dengan Z, dari mulai proses hingga mulai penerima manfaat,” tandasnya.

 

Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021