Bupati Pringsewu buka acara Gebyar Haornas dan Rakerda Kormi

id Lampung, pringsewu

Bupati Pringsewu buka acara Gebyar Haornas dan Rakerda Kormi

Bupati Pringsewu membuka acara gebyar Haornas dan rakerda 2 Kormi Kabupaten Pringsewu tahun 2021 (ANTARA/HO-PEMKAB Pringsewu)

KORMI ini diharapkan dapat menyebarluaskan olahraga rekreasi-masyarakat yang ada di Pringsewu ke segenap lapisan masyarakat mengingat banyak destinasi wisata di Pringsewu yang harus diperkenalkan kepada masyarakat luas baik di tingkat provinsi, nasio

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Prigsewu Sujadi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2 Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Pringsewu sekaligua membuka acara Gebyar Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Kabupaten Pringsewu di Kecamatan Gadingrejo.

Ikut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Staf Ahli Bupati Samsir Kasim, Wakil Ketua Kormi Provinsi Lampung Gino Fanoli, Kadispora Jahron, Kadis Pendidikan Hipni, Ketua KONI Pringsewu Dwi Pribadi, Ketua Kormi Pringsewu Maulana M. Lahudin, Dandim 0424/Tgm Letkol Arm. Micha Arruan dan Kapolres Pringsewu yangg diwakili AKP Tajudin.

Ketua Kormi Kabupaten Pringsewu Maulana M. Lahudin mengatakan, ada 74 cabang olahraga (cabor) Kormi dan jumlah ini adalah yang terbanyak dibanding kabupaten/kota lainnya. Hari ini minimal 50 persen cabor yang sudah ada dan akan dikukuhkan semua sebagai bentuk melestarikan olahraga budaya Indonesia yang ada di Pringsewu.

Sedangkan Wakil Ketua Kormi Provinsi Lampung Gino Fanoli atas nama Kormi Provinsi Lampung menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kreativitas Kormi Kabupaten Pringsewu. Ini merupakan upaya semua pihak menjaga dan melestarikan budaya dan berharap Pemkab Pringsewu memberi perhatian yang lebih terhadap Kormi. 

"Olahraga yang berbasis masyarakat ini, akan berhasil ke depan kalau indeks masyarakat Indonesia juga meningkat," katanya.

Baca juga: Bupati Pringsewu buka raker KONI tahun 2021

Kormi terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor : 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN) Pasal 19 (ayat 1-6) tentang adanya Olahraga Rekreasi disamping Olahraga Prestasi dan Olahraga.

Selanjutnya rakerda ini adalah pembinaan bagi cabang-cabang olahraga sehingga ke depan bisa menjadi lebih baik, dan kebugaran terbentuk didasari oleh olahraga yang rutin. 

Di Kormi juga ada yang namanya Fornas (festival olahraga rekreasi nasional) ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2022 mendatang di Palembag dan diikuti oleh seluruh provinsi dan kabupaten/kota untuk mengenalkan cabang-cabang olahraga apa saja yang ada di daerah.

Kormi ini bukan atlet tetapi lebih ke pada penggiat olahraga atau aktifis olahraga yang melakukan aktifitas olahraga kebugaran diri setiap hari secara rutin dan untuk Kormi Prigsewu hal semacam ini nantinya perlu diberi penghargaan karena sudah menginspirasi orang lain. 

"Terima kasih atas dukungan Pemkab Pringsewu untuk Kormi dan kami bangga terhadap Kormi Pringsewu yang lebih menggeliat daripada Kormi kabupaten lainnya," kata Gino.

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan Pemkab menyampaikan apresiasi, ini sesuatu yang perlu sekali dikembangkan di Pringsewu. Jika kemarin KONI melepas 24 atlet ke ajang PON, tahun depan diharapkan daerah ini juga bisa melepas cabor-cabor Kormi untuk ke ajang Forminas di Palembang ini merupakan suatu kebanggaan bagi semua.

"KORMI ini diharapkan dapat menyebarluaskan olahraga rekreasi-masyarakat yang ada di Pringsewu ke segenap lapisan masyarakat mengingat banyak destinasi wisata di Pringsewu yang harus diperkenalkan kepada masyarakat luas baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional," ujarnya.

Sujadi juga berharap dengan adanya Kormi Prigsewu bisa menjadi pioner untuk mensukseskan pencegahan penyebaran COVID-19 di kabupaten ini.

"Silakan bekerja sama dengan dinas terkait dan gugus tugas, sehingga disamping ikut andil dalam penanganan COVID, juga sekaligus memperkenalkan adanya Kormi Pringsewu. Tidak hanya sehat fisik tetapi juga sehat mental dan spiritual hal-hal seperti ini yang diharapkan menjadi ciri khas tersendiri bagi Kormi Pringsewu. Di dalam jasad yang sehat terdapat hati yang sehat dan di dalam hati yang sehat terdapat jasad yang sehat pula," tambahnya.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021