Wakil Bupati Pringsewu buka rakor Gugus Tugas Reforma Agraria

id lampung, pringsewu

Wakil Bupati Pringsewu buka rakor Gugus Tugas Reforma Agraria

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) (Antaralampung/Pemkab Pringsewu)

Mari bersama kita pelajari Gugus Tugas Reforma Agraria yang bertujuan baik dalam rangka mendukung Kabupaten Pringsewu sebagai salah satu penyangga di Provinsi Lampung, ungkapnya

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi membuka rapat koordinasi (rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) yang digagas oleh Kantor BPN Kabupaten Pringsewu di salah satu hotel di Pringsewu, Rabu (4//8).

Dalam sambutannya Kepala Kantor BPN Kabupaten Pringsewu Rustam, MH, menyampaikan, tahun 2021 Pringsewu menganggarkan GTRA, yaitu suatu program andalan pemerintah berupa penataan aset terdiri dari Redistribusi Tanah dan Legalisasi Aset, salah satu kegiatan yang terkenal saat ini dari program tersebut salah satunya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Subyek reforma agraria terdiri dari perseorangan yang memenuhi syarat, kelompok masyarakat dengan hak kepemilikan bersama, dan badan hukum yang memenuhi syarat. Sedangkan objek reforma agraria terdiri dari eks-Hak Guna Usaha (HGU), tanah terlantar dan tanah negara Lainnya, tanah dari penyelesaian konflik sengketa agraria, tanah dari pelepasan kawasan hutan dan partisipasi masyarakat,” katanya.

Baca juga: Bupati Pringsewu ikuti rakor penanganan COVID-19 se-Provinsi Lampung

Selanjutnya Wakil Buati turut menyampaikan ungkapan syukur dan mengapresiasi serta menyambut baik kegiatan ini atas nama Pemkab Pringsewu, karena secara langsung program reforma agraria ini akan sangat berdampak khususnya di bidang ekonomi bagi masyarakat Pringsewu.

“Mari bersama kita pelajari Gugus Tugas Reforma Agraria yang bertujuan baik dalam rangka mendukung Kabupaten Pringsewu sebagai salah satu penyangga di Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Baca juga: Bupati Pringsewu ikuti sosialisasi pengukuran dan penilaian indeks inovasi daerah tahun 2021

Setelah itu dilaksanakan pula Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antara Kepala Kantor BPN Pringsewu dengan Pemkab Pringsewu mengenai Program Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan secara online. Para pembicara dalam kegiatan ini yaitu Sekda Pringsewu Drs. Heri Iswahyudi, M.Ag, dan secara daring Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Prof Dr Ir Irwan Sukri Banuwa, M.Si.