Sekda Pesisir Barat resmikan lamban juang literasi

id lampung, pesisir barat,lamban literasi

Sekda Pesisir Barat resmikan lamban juang literasi

Sekda Kabupaten Pesisir Barat N Lingga Kusuma meresmikan lamban juang literasi (Antaralampung/Doc Pemkab Pesisir Barat)

“Literasi bukan hanya kegiatan menulis, membaca dan mendengar, tapi juga sebagai komunikasi dalam masyarakat.

Bandarlampung (ANTARA) - Sekda Kabupaten Pesisir Barat N Lingga Kusuma meresmikan lamban juang literasi dengan tema peran pemuda dalam meningkatkan kesadaran wisata melalui literasi di Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021.

Dalam sambutannya Sekda N Lingga Kusuma, menyampaikan bahwa seperti yang kita ketahui, pendidikan adalah sarana penting untuk kualitas sumber daya manusia dalam menjamin kelangsungan pembangunan suatu bangsa. Kualitas sumber daya manusia pada hakikatnya sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Apalagi sebagai mahasiswa yang dikenal dengan agen perubahan sudah semestinya membawa perubahan terhadap tanah kelahiran tercinta negeri para sai batin dan ulama.

“Literasi bukan hanya kegiatan menulis, membaca dan mendengar, tapi juga sebagai komunikasi dalam masyarakat. Dan kegiatan ini sangat bagus untuk digalakkan karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di Pesisir Barat ini,”katanya.

Lingga menjelaskan, Pekon walur ini bisa menjadi pekon inspirasi untuk pekon lainnya. dan bisa ditiru oleh setiap pekon. karena kegiatan literasi seperti ini memerlukan perhatian dari segala lapisan masyarakat, pemerintah, actor pendidikan dan dari pihak yang sadar dan peduli akan arti pentingnya membaca, bukan hanya sebagai hobi, tetapi juga pemutus rantai kemiskinan, kebodohan dan ketidak pedulian sosial.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN-DR pekon walur atas program yang kalian buat ini. Sekda juga berharap antara mahasiswa, dinas-dinas dan organisasi-organisasi masyarakat maupun komunitas bisa bersinergi dalam pengembangan minat baca masyarakat dan memajukan wisata pesisir barat melalui literasi. Dengan keberadaan rumah baca ini,” ungkapnya

Ia berharap kegiatan ini bisa memberi warna baru dan tambahan pengetahuan dilingkungan masyarakat terutama pada anak-anak dan remaja sehingga keberadaan lamban juang literasi ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku.

Baca juga: Mahasiswa KKN UIN Raden Intan Lampung gagas lamban juang literasi di Pekon Walur
Baca juga: Padangtambak percontohan kampung literasi Lampung Barat