Plh Bupati Pesisir Barat harapkan wartawan hindari berita hoaks

id pwi pesisir barat,n lingga kusuma,kabupaten pesisir barat

Plh Bupati Pesisir Barat harapkan wartawan hindari berita hoaks

Plh Bupati Pesisir Barat Ir N. Lingga Kusuma, MP, memberikan sambutan pada pembukaan Konferensi Kabupaten III PWI Pesisir Barat, di Krui, Senin (29/3/2021) (Foto: Antaralampung.com/HO)

Saya juga berharap kepengurusan baru nanti memiliki integritas yang tinggi terhadap organisasi kewartawanan, katanya

Krui (ANTARA) - Plh Bupati Pesisir Barat Ir N. Lingga Kusuma, MP mengharapkan kepada wartawan di daerahnya agar dapat mambantu memberikan informasi yang aktual, berimbang, lengkap dan menghindari berita-berita hoaks atau bohong.

“Rekan-rekan wartawan mempunyai hak untuk menginformasikan berita, namun wartawan mempunyai batasan dalam menyiarkan berita sebagaimana tercantum dalam pasal-pasal yang terkandung dalam Kode Etik Jurnalistik,” kata Lingga saat memberikan sambutan pada pembukaan Konferensi Kabupaten III Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pesisir Barat, Senin (29/3).

Dalam keterangan yang diterima dari Pemkab Pesisir Barat, Bupati minta juga PWI membantu mempublikasikan serta mempromosikan Kabupaten Pesisir Barat melalui berbagai media massa, baik yang ada di Provinsi Lampung maupun media massa nasional.

Menurut dia, wartawan wartawan memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional yaitu sebagai sarana untuk mempublikasikan tentang proses pengambilan keputusan, mempromosikan dunia usaha dan membantu percepatan proses peralihan masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat yang modern.

Sehubungan dengan perannya itu, wartawan dapat menyampaikan berbagai informasi yang positif dan berkerja serta bertugas secara profesional dan mengedepankan etika sebagaimana tertuang dalam UndangUundang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Ia berharap dengan terbentuknya kepengurusan baru PWI Cabang Pesisir Barat akan menciptakan jurnalis yang profesional dan beretika dan menyampaikan informasi sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik.

“Saya juga berharap kepengurusan baru nanti memiliki integritas yang tinggi terhadap organisasi kewartawanan,” katanya.

Konferkab lll PWI Pesisir Barat ini untuk menyusun dan menetapkan program Kerja PWI Pesisir Barat dengan mengacu pada program organisasi secara nasional, yakni memantapkan profesionalisme kewartawanan dan sekaligus pemilihan ketua dan kepengurusan PWI Pesisir Barat periode 2021-2024.

Hadir dalam acara tersebut Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian, unsur Forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemkab Pesisir Barat.