Warga Bandarlampung dengan suhu tubuh tinggi masih bisa memilih

id tps, suhu tubuh tinggi, pilwakot bandarlampung

Warga Bandarlampung dengan suhu tubuh tinggi masih bisa memilih

Pemilih menggunakan hak pilihnya untuk memilih wali kota dan wakil wali kota Bandarlampung (ANTARA/Mutiara Sari)

Bandarlampung (ANTARA) -
Bagi warga Bandarlampung yang bersuhu tubuh tinggi pada saat pemilihan berlangsung tetap bisa menggunakan hak suara nya karena TPS menyediakan bilik suara khusus.

"Untuk tetap menjaga keselamatan bersama dan hak memilih tetap dilaksanakan kami menyediakan bilik suara bagi warga yang memiliki suhu tubuh diatas 36 derajat",ujar Ketua Panitia KPPS TPS 03 Kedaton, Maman, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan sebelum masuk ke area TPS warga dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu, jika ada warga yang suhu tubuhnya lebih dari 36 derajat pihak TPS akan menyuruh warga tersebut kembali lagi ke TPS setengah jam kemudian.

"Jika suhu tubuhnya tetap tinggi maka kami akan arahkan untuk memilih di bilik suara khusus yang posisinya lebih jauh dari bilik suara yang biasa", ujarnya pula. 

Menurutnya, walaupun berada di masa pandemi COVID-19 antusias warga dalam melaksanakan hak pilihnya sangat baik, warga sejak pagi sudah datang ke TPS dengan menaati protokol kesehatan.

"Kami juga menyediakan sarung tangan plastik dan masker bagi warga yang lupa memakai masker," ujarnya.

Ia juga menjelaskan selain menyediakan sarung tangan dan masker, pihak TPS juga menyediakan tempat cuci tangan beserta sabun, dan bagi petugas TPS diwajibkan mengenakan masker dan sarung tangan selama bertugas.