Askompsi dan XL Axiata dukung pemberian paket data internet gratis kepada siswa

id askompsi, xl axiata, paket gratis, dinas kominfotik Lampung, dinas pendidikan lampung

Askompsi dan XL Axiata dukung pemberian paket data internet gratis kepada siswa

Askompsi dan XL Axiata dukung pemberian paket data internet gratis kepada siswa (ANTARA/HO)

Di beberapa wilayah masih banyak ditemui kendala jaringan dan akses internet
Bandarlampung (ANTARA) - Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) dan XL Axiata mendukung pembelajaran jarak jauh dengan memberikan paket data internet secara gratis kepada para siswa.

"Sebagai bentuk kepedulian Askompsi kepada anak bangsa, maka pada hari ini dilaksanakan kegiatan bakti sosial dengan dukungan dari XL Axiata, berupa pemberian akses internet gratis kepada siswa," kata Wakil Ketua I Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) A Chrisna Putra, di Bandarlampung, Selasa. 

Acara berlangsung secara virtual tersebut, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian dan keseriusan masing-masing pemerintah daerah di Indonesia dalam mendukung kegiatan belajar siswa saat pandemi COVID-19 saat ini.
Baca juga: Way Kambas perlu jaringan internet gratis


Ia mengungkapkan bahwa situasi pandemi COVID-19 saat ini membuat kegiatan belajar siswa terganggu, mengingat mereka harus mengikuti kegiatan belajar dari rumah secara virtual.

Menurutnya, akses internet sangat dibutuhkan oleh siswa untuk dapat mengikuti kegiatan belajar, namun tidak semua daerah dan siswa dapat mengakses internet dengan mudah.

 "Di beberapa wilayah masih banyak ditemui kendala jaringan dan akses internet," ujarnya pula.

Chrisna menjelaskan bakti sosial peduli pendidikan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Askompsi dalam upaya ambil bagian dalam membantu siswa untuk dapat terus belajar saat pandemi COVID-19.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan bantuan kepada siswa yang terdampak COVID-19 saat melakukan kegiatan belajar untuk mendapatkan akses internet secara gratis," katanya pula.

Group Head XL Axiata Desi Sari Dewi mengungkapkan bahwa XL berkomitmen untuk membantu dan mendukung dunia pendidikan di Indonesia.

"Kali ini XL Axiata bersama Askompsi akan menyalurkan donasi berupa kuota data gratis kepada total lebih dari 260.450 pelajar setingkat SMP dan SMA pada lebih dari 300 sekolah yang berada di 28 provinsi," ujarnya pula. 

Data pelajar dan sekolah berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kominfo provinsi dan Dinas Pendidikan provinsi. Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan dengan dua skema. 

Pertama, sebanyak 450 paket diberikan untuk pelajar kurang mampu yang bisa dipakai untuk mengakses internet selama empat bulan. Kedua, sebanyak 260.000 paket berupa akses internet gratis selama dua bulan. Paket kuota data gratis ini sudah bisa mulai dipergunakan pada 1 September 2020.
.
Di Provinsi Lampung, bantuan yang diserahkan secara simbolis berupa paket internet gratis dari perwakilan XL Head of Sales Wilayah 5 Sumatera Saroso kepada Wakil Ketua I Askompsi Achmad Chrisna Putra, dan selanjutnya diserahkan kepada perwakilan dari SMA Negeri 1 Blambangan Umpu, Way Kanan. 
Baca juga: "antara" Diharapkan Jadi Pelopor Pembangunan Informasi Publik