Partai Komunis Chini--CPC rombak pengurus partai di tengah meningkatnya kematian corona

id kematian corona,kematian wabah corona,Partai Komunis China,Xi Jinping corona

Partai Komunis Chini--CPC rombak pengurus partai di tengah meningkatnya kematian corona

Presiden China sekaligus Sekjen Partai Komunis China (CPC) Xi Jinping saat memberikan pengarahan kepada petugas medis dan pengurus partai di Beijing, Senin (10/2/2020). (ANTARA/HO-Xinhua/mii)

Jakarta (ANTARA) - Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) merombak secara besar-besaran jajaran pengurus partai penguasa itu di Kota Wuhan dan Provinsi Hubei di tengah meningkatnya kematian akibat wabah virus corona yang telah mencapai 1.487 orang.

"Keputusan ini dibuat oleh pimpinan pusat atas berbagai pertimbangan dan berdasarkan kebutuhan dalam mencegah dan mengendalikan wabah sebaik mungkin," kata Wakil Ketua Bidang Organisasi Komite Sentral CPC Wu Yuliang kepada pers di Beijing, Kamis (13/2).

Wali Kota Shanghai Ying Yong ditunjuk sebagai Sekretaris CPC Provinsi Hubei menggantikan Jiang Chaoling. Sekretaris merupakan jabatan tertinggi partai di berbagai level kepengurusan.

Pada hari yang sama, Sekretaris CPC Kota Jinan, Provinsi Shandong, Wang Zhonglin, diangkat menjadi pimpinan tertinggi partai itu di Kota Wuhan menggantikan Ma Guoqiang.

Ying dan Wang tercatat memiliki reputasi dan pengalaman panjang di bidang politik dan hukum di partai pemerintah tersebut.

Namun tidak ada informasi yang pasti, ke mana Jiang dan Ma selepas dicopot dari jabatan tertinggi partai di daerah episentrum wabah virus corona jenis baru yang menyerang paru-paru itu.

Saat melakukan inspeksi di Beijing pada Senin (10/2), Presiden China sekaligus Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPC Xi Jinping mengatakan bahwa para pejabat dan pengurus partai harus bisa bekerja dengan baik dalam menghadapi tantangan melawan wabah COVID-19 itu.

Sejak wabah mematikan itu berjangkit, pemerintah pusat di Beijing telah mengirimkan tim inspeksi untuk memandu upaya pengendalian di Provinsi Hubei.

Beberapa pejabat dan pengurus partai di daerah itu diinterogasi dan dikenai sanksi hukum atas kegagalannya dalam menjalankan tugas pencegahan dan pengendalian wabah penyakit.

Sebelumnya Sekretaris Komisi Politik dan Hukum Komite Sentral CPC Chen Yixin dipulangkan ke Provinsi Hubei sebagai wakil ketua tim pencegahan dan pengendalian penyakit menular bentukan pemerintah pusat sejak Senin (10/2) lalu.

Chen pernah menjabat Wakil Sekretaris CPC Provinsi Hubei dan Sekretaris CPC Kota Wuhan selama periode Desember 2016-Maret 2018 sebelum mendapatkan posisi strategis di kesekjenan.

Sementara mantan Wakil Kepala Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) Wang Hesheng telah ditunjuk sebagai Direktur Komisi Kesehatan Provinsi Hubei.

Selain 116 kasus kematian baru sehingga menjadi 1.487 kasus, jumlah kasus positif dan terduga COVID-19 juga menunjukkan eskalasi hingga masing-masing menjadi 63.753 dan 13.435.

Jumlah pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 6.753 di seluruh China sebagaimana data NHC pada Jumat pagi. 
 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar