Bupati OKU minta Dispar benahi objek wisata Gua Putri-Rantau Kumpai

id gua putri,rantau kumpai, wisata oku

Bupati OKU minta Dispar benahi objek wisata Gua Putri-Rantau Kumpai

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis saat meninjau lokasi Objek Wisata Rantau Kumpai di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Selasa (10/12/2019). (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

"Apalagi sebentar lagi akan memasuki libur Natal dan tahun baru sehingga sarana dan prasarana seluruh objek wisata yang ada di OKU, khususnya Gua Putri dan Rantau Kumpai ini harus segera dilengkapi," kata Bupati OKU Kuryana Azis saat meninjau lokasi
Baturaja (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) Kuryana Azis meminta Dinas Pariwisata (Dispar) setempat lebih serius dalam membenahi fasilitas objek wisata Gua Putri dan Rantau Kumpai agar lebih menarik sehingga menambah minat wisatawan berkunjung.

"Apalagi sebentar lagi akan memasuki libur Natal dan tahun baru sehingga sarana dan prasarana seluruh objek wisata yang ada di OKU, khususnya Gua Putri dan Rantau Kumpai ini harus segera dilengkapi," kata Bupati OKU Kuryana Azis saat meninjau lokasi Objek Wisata Rantau Kumpai di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Selasa.
Baca juga: Disbudpar OKU fokus kembangkan Goa Putri dan Danau Rantau Kumpai

Menurut dia, Rantau Kumpai yang berjarak sekitar 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda empat dari Kota Baturaja ini memiliki pesona daya tarik untuk dikunjungi yaitu danau yang terbentang di atas lahan seluas 10 hektare.

Di sekitar kawasan Rantau Kumpai ini juga telah dibangun jalan setapak sehingga pengunjung lebih mudah untuk menyusuri objek wisata ini.

Selain itu, objek wisata Rantau Kumpai ini juga telah dilengkapi kolam pemancingan yang nantinya terdapat berbagai jenis ikan yang dapat dipancing oleh pengunjung.

"Tidak hanya itu saja, sarana dan prasaran lainnya juga seperti area parkir kendaraan, keamanan dan lainnya harus segera dilengkapi agar pengunjung lebih nyaman berkunjung," katanya.
Baca juga: Kelurahan Talang Jawa di Kabupaten OKU kini memiliki wisata kuliner

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) OKU Topan Indra Fauzi secara terpisah sebelumnya mengaku saat ini pihaknya fokus pada pengembangan dua objek wisata Gua Putri dan Danau Rantau Kumpai guna menarik minat wisatawan berkunjung ke wilayah setempat.

Pengembangan yang dilakukan tersebut berupa menambah sarana dan prasaran di dua objek wisata itu guna menarik minat wisatawan berkunjung, yaitu membangun pagar pembatas di dalam gua guna meningkatkan keamanan pengunjung.

"Kemudian di Gua Putri akan dibangun gazebo sebagai fasilitas ruang terbuka tempat pengunjung bersantai bersama keluarganya," katanya.

di Rantau Kumpai akan dibangun panggung serta beberapa kios cinderamata guna melengkapi sarana dan prasarana objek wisata tersebut.*