Industri kecil kembangkan sulam ulat khas Mesuji

id batik Lampung,batik Mesuji,sulam ulat Mesuji

Industri kecil kembangkan sulam ulat khas Mesuji

Produk sulam ulat khas Kabupaten Mesuji hadir di Festival Batik Lampung, Bandarlampung, Kamis 31/10/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung sejauh ini mampu menghasilkan produk sulam ulat khas Mesuji.

"Sulam ulat ini merupakan produk khas kabupaten Mesuji hasil binaan Dinas Koperindag melalui program Industri Kecil Menengah dan telah ada sejak tahun 2016," ujar Dewi, perwakilan Dinas Koperindag Kabupaten Mesuji. 

Menurutnya, sulam ulat khas Mesuji yang mulai dikembangkan pada 2016 mendapat respons positif dari masyarakat, terlihat dari banyaknya konsumen yang membeli produk tersebut.

"Banyak produk yang sudah habis dalam waktu dua hari acara Festival Batik Lampung, bahkan respons positif juga terlihat dari banyaknya masukan agar membuat produk totebag, tas serut dari masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Siswa disabilitas pun mampu hasilkan batik khas Lampung
Sulam ulat khas Kabupaten Mesuji telah mendapatkan hak paten.
  
Menurut Dewi, produk sulam ulat khas Kabupaten Mesuji akan dikembangkan kembali dengan menambah motif khas Mesuji, dan melatih generasi muda untuk menekuninya.

"Untuk menjaga agar produk sulam ulat khas Mesuji ini tetap eksis, kami akan mengembangkan berbagai motif khas Mesuji, serta melatih muda-mudi Mesuji untuk menjadi perajin sulam ulat, sebab kebanyakan perajin saat ini sudah lanjut usia," ujar Dewi.

Menurutnya, produk sulam ulat khas Mesuji di jual dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat berkisar Rp65.000 sd Rp400.000/potong.   

Baca juga: Sulam usus di Festival Batik Lampung 2019
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar