Thomas Cook runtuh, apa yang terjadi dan mengapa runtuh?

id Thomas Cook,turis terlantar,perusahaan perjalanan Inggris

Thomas Cook runtuh, apa yang terjadi dan mengapa runtuh?

Ilustrasi: Maskapai penerbangan Thomas Cook. (Dailymail) (Dailymail)

London (ANTARA) - Biro perjalanan tertua di dunia Thomas Cook, runtuh pada Senin, sehingga membuat ratusan ribu wisatawan yang sedang berlibur di seluruh dunia terlantar dan memicu upaya repatriasi masa damai terbesar dalam sejarah Inggris.

Apa yang terjadi sekarang dan mengapa itu runtuh?

MENGAPA RUNTUH?

Perusahaan itu mengelola hotel, resor, dan maskapai penerbangan untuk 19 juta pelancong per tahun di 16 negara, dan pada 2018 menghasilkan pendapatan sebesar 9,6 miliar pound (12 miliar dolar). Saat ini perusahaan tersebut memiliki 600.000 orang di luar negeri, termasuk lebih dari 150.000 warga negara Inggris.

Thomas Cook mempekerjakan 21.000 orang dan merupakan perusahaan perjalanan tertua di dunia, dan didirikan pada tahun 1841. Perusahaan itu memiliki utang 1,7 miliar pound (2,1 miliar dolar).


APA YANG TERJADI DENGAN WISATAWAN?

Pemerintah Inggris telah meminta Otoritas Penerbangan Sipil Inggris untuk meluncurkan program repatriasi selama dua minggu ke depan, dari Senin hingga 6 Oktober, untuk membawa pelanggan Thomas Cook pulang ke Inggris.

"Karena skala situasi yang signifikan, beberapa gangguan tidak dapat dihindari, tetapi Otoritas Penerbangan Sipil akan berusaha untuk membuat orang pulang sedekat mungkin dengan tanggal yang direncanakan," katanya.

Armada pesawat terbang akan digunakan untuk memulangkan warga Inggris. Di sejumlah kecil tujuan, penerbangan komersial alternatif akan digunakan.

Otoritas Penerbangan Sipil telah meluncurkan situs web khusus, thomascook.caa.co.uk, di mana pelanggan yang terkena dampak dapat menemukan rincian dan informasi tentang penerbangan repatriasi.

Untuk pelanggan yang tidak terbang dari Inggris, pengaturan alternatif harus ditemukan. Di Jerman, pasar pelanggan populer untuk Thomas Cook, perusahaan asuransi akan mengoordinasikan penanganannya.


APA SARAN UNTUK PENUMPANG?

"Pelanggan saat ini di luar negeri tidak boleh bepergian ke bandara sampai penerbangan mereka kembali ke Inggris telah dikonfirmasi di situs web khusus," kata Otoritas Penerbangan Sipil.

"Pelanggan Thomas Cook di Inggris yang belum melakukan perjalanan tidak boleh pergi ke bandara karena semua penerbangan yang meninggalkan Inggris telah dibatalkan."

APA YANG DIKATAKAN CEO?

"Saya ingin meminta maaf kepada jutaan pelanggan kami, dan ribuan karyawan, pemasok, dan mitra yang telah mendukung kami selama bertahun-tahun," kata CEO Thomas Cook Peter Fankhauser.

"Ini menandai hari yang sangat menyedihkan bagi perusahaan yang memelopori paket liburan dan memungkinkan perjalanan bagi jutaan orang di seluruh dunia."



LIKUIDASI

Thomas Cook mengatakan telah memasuki likuidasi wajib dan perintah telah diberikan untuk menunjuk penerima resmi untuk melikuidasi perusahaan.

AlixPartners UK LLP atau KPMG akan ditunjuk sebagai manajer khusus untuk berbagai bagian bisnis.


MENGAPA MELAKUKANNYA KERJA?

Terpuruk akibat tingkat utang yang tinggi, saingan daring, dan ketidakpastian geopolitik, Thomas Cook membutuhkan 200 juta pound lagi di atas paket 900 juta pound yang telah disepakati, untuk melihatnya melalui bulan-bulan musim dingin ketika menerima lebih sedikit uang tunai dan harus membayar hotel untuk jasa musim panas.

Permintaan tambahan 200 juta pound untuk kesepakatan penyelamatan yang telah berbulan-bulan dalam pembuatan telah gagal.

Atasan Thomas Cook bertemu dengan pemberi pinjaman dan kreditor di London pada Minggu untuk mencoba merundingkan kesepakatan terakhir untuk menjaga perusahaan tetap bertahan. Mereka gagal.

Berdasarkan ketentuan asli dari rencana tersebut, Fosun - yang orang tuanya orang China memiliki perusahaan liburan all-inclusive Club Med - akan memberikan 450 juta pound (552 juta dolar) uang baru sebagai imbalan untuk setidaknya 75% dari bisnis operator tur dan 25% dari maskapai penerbangannya.

Bank pemberi pinjaman dan pemegang obligasi Thomas Cook akan menambah 450 juta pound lebih lanjut dan mengubah utang mereka yang ada menjadi ekuitas, memberi mereka total sekitar 75% dari maskapai dan hingga 25% dari bisnis operator tur. ($ 1 = 0,8015 pound)