Universitas Andalas gunakan platform digital pendidikan

id XL Axiata,Unand,platform digital pendidikan

Head Sustainability dan Internal Communication XL, Andy Satrio Yuddho, saat memaparkan platform digital E-Learn.id, di Gedung Perpustakaan Kampus Unand, pada Kamis (22/8/209). (ANTARA /Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (FISIP Unand), Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bekerja sama dengan PT XL Axiata  untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui platform digital.

"Dengan kerja sama ini mahasiswa Unand bisa memanfaatkan platform belajar secara online (dalam jaringan) milik XL Axiata, yaitu E-Learn.id sebagai sarana belajar," kata Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, suatu kehormatan bagi pihaknya karena bisa berkontribusi di dunia pendidikan, serta dipercaya kampus dalam penyediaan sarana pembelajaran.

"Tujuan dibangunnya platform ini memang untuk mempermudah generasi muda dalam mengakses materi belajar di era digital," katanya.

Untuk tahap awal modul pembelajaran E-Learn.id akan diterapkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, namun tidak tertutup kemungkinan bertambah ke fakultas lain.

Sementara Head Sustainability dan Internal Communication, Andy Satrio Yuddho, menjelaskan platform E-Learn adalah bagian dari program XL Future Leaders yang diselenggarakan XL Axiata sejak 2014.

"Sejak saat itu E-learning menjadi satu-satunya platform kursus online yang bisa diakses para anak muda di Indonesia untuk mempelajari berbagai keahlian atau soft skills secara gratis," katanya.

Ia mengatakan metode pembelajaran yang diterapkan adalah mengombinasikan video interaktif dengan tulisan atau bacaan.  

Saat ini tercatat 35 ribu lebih pengguna yang sudah memanfaatkan modul belajar di E-Learn.id, dengan total modul keahlian yang tersedia sebanyak 25 modul.

"Keahlian itu disampaikan oleh mereka yang ahli dan terbaik di bidangnya, baik dari fasilitator XL Future Leaders program, maupun mitra-mitra E-Learn," katanya.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan platform digital tersebut kedua pihak akan menyelenggarakan pelatihan kepada mahasiswa serta dosen, Pelatihan pertama untuk dosen dilakukan pada Selasa, 20 Agustus, dan mahasiswa pada Kamis (22/8).

Sementara Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Alfan Miko, berharap kerja sama itu bisa meningkatkan kualitas sebagai kampus yang memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran.

Website E-Learn dapat diakses kapan saja dan di mana saja menggunakan gawai, laptop, atau PC.




 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar