Durian ternyata tak mengandung kolestrol

id durian,buah durian aman dikonsumsi

Durian ternyata tak mengandung kolestrol

Buah durian asal Lampung (Hisar Sitanggang/Antaralampung.com)

Medan (ANTARA) - Durian yang selama ini disebut sebut mengandung kolestrol, ternyata hanya mitos. Sebaliknya, buah itu justru mengandung banyak vitamin.

Spesialis nutrisi Rachel Olsen di Medan, Kamis mengatakan durian sama sekali tidak memiliki kolesterol. Hal itu dikutipnya dari riset US National Library of Medicine.

Bahkan durian kaya dengan kandungan gizi karena di setiap daging buahnya terdapat protein, serat, karbohidrat, lemak baik, vitamin dan juga mineral.

"Jadi durian merupakan buah yang memiliki komposisi nutrisi yang bagus untuk dikonsumsi setiap hari," ujar Rachel Olsen.

"Jadi jangan khawatir makan durian.Justru gizinya cukup lengkap untuk kebutuhan harian manusia," katanya.

Durian mengandung vitamin A, B kompleks, C serta mineralnya juga beragam seperti kalium, kalsium, zat besi, mangan, sodium, zinc dan fosfor.

Selain itu,  durian juga memiliki anti oksidan yang tinggi untuk membantu pencegahan penyakit kanker.

Meski durian memiliki nilai gizi yang bagus, mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi tetap diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

"Sebenarnya saat kita sudah rutin makan sayur dan buah, tetapi terkadang tubuh tidak dapat menyerapnya dengan maksimal akibat banyak faktor ," katanya.

Termasuk berkurangnya kandungan vitamin dan mineral dari sayur dan buah akibat cara memasak atau mengonsumsinya tidak benar.

"Untuk memastikan tubuh tercukupi dengan vitamin dan mineral, maka manusia harus mengonsumsi multivitamin tambahan seperti YOUVIT," ujarnya.