BMKG Prakirakan Peluang Hujan di Lampung

id Peluang Hujan di Lampung, Hujan di Lampung, Lampung Hujan

Prakiraan peluang hujan di Lampung dan analisis curah hujan oleh Stasiun Klimatologi BMKG Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-BMKG)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi monitoring hari tanpa hujan (HTH) dan analisis distribusi serta prakiraan peluang curah hujan di Provinsi Lampung.

Seperti disampaikan dalam rilis dari tim analisis BMKG Stasiun Klimatologi Masgar di Lampung, Minggu (21/10), tentang informasi monitoring pemantauan Hari Tanpa Hujan (HTH) berturut-turut menunjukkan bahwa masih ada hujan sampai dengan update 20 Oktober 2018 di beberapa wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, dan Tanggamus.

Hari Tanpa Hujan dengan kriteria sangat pendek (1-5 hari) dan kriteria pendek (6-10 hari) terjadi menyebar di sebagian besar wilayah Provinsi Lampung.

Hari Tanpa Hujan dengan kriteria menengah (11-20 hari) dan kriteria panjang (21-30 hari) masih terpantau di beberapa wilayah Kota Bandarlampung, Metro, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, Pringsewu, dan Pesawaran.

Sedangkan informasi Distribusi Curah Hujan Dasarian II Oktober 2018, sebagian besar wilayah Provinsi Lampung terjadi hujan dengan kategori rendah (0-50 mm/das), kecuali sebagian besar Kabupaten Lampung Barat, dan Kabupaten Pesisir Barat yang mengalami hujan dengan kategori menengah (51-150 mm).

Kemudian, informasi Prakiraan Peluang Curah Hujan Dasarian III Oktober 2018, secara umum Provinsi Lampung berpeluang hujan dengan kategori rendah (< 50 mm/das) dengan peluang (30-40 persen) terjadi pada Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, dan sebagian Tanggamus.

Peluang (70-90 persen) terjadi pada sebagian besar Provinsi Lampung bagian tengah hingga timur Kabupaten Lampung Timur, Tulangbawang, Lampung Tengah, Mesuji, Lampung Selatan, Kota Metro dan sebagian Kota Bandarlampung.

Hujan dengan kategori menengah (51-150 mm/das) dengan peluang (10-30 persen) terjadi pada sebagian besar Provinsi Lampung bagian tengah hingga timur mengenai wilayah Kabupaten Lampung Timur, Tulangbawang, Lampung Tengah, Mesuji, Kota Metro, sebagian Kabupaten Way Kanan, Lampung Selatan dan Kota Bandarlampung.

Peluang (60-70 persen) terjadi pada wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat dan sebagian Tanggamus.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar