Peternak-Petambak Lampung terima dana kemitraan dari Pertamina

id dana kemitraan pertamina,petambak-peternak lampung,hermansyah y. nasroen,pertamina region sumbagsel

Peternak-Petambak Lampung terima dana kemitraan dari Pertamina

Manager Communication & CSR Pertamina Sumbagsel Hermansyah Y Nasroen saat menyerahkan bantuan CSR kepada para peternak dan petani, Selasa (6/3) (Foto: Ist)

Kemitraan ini untuk mendorong petambak dan peternak untuk mengembangkan perekonomian daerah Lampung, kata Hermansyah
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Kelompok mitra binaan, yakni kelompok petambak udang dan peternak sapi di Lampung menerima dana kemitraan dari PT Pertamina (Persero) Region Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

"Kemitraan ini untuk mendorong petambak dan peternak untuk mengembangkan perekonomian daerah Lampung," kata Manager Communication and CSR Pertamina Sumbagsel, Hermansyah Y. Nasroen, dalam rilis yang diterima di Bandarlampung, Selasa (6/3).

Ia menyebutkan, kelompok mitra binaan itu adalah kelompok petambak di daerah Bratasena, Kabupaten Tulangbawang serta kelompok peternak sapi dan kambing di daerah Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

Hadir dalam kegiatan penyaluran mitra binaan petambak udang, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Toga Mahaji. Sedangkan kegiatan penyaluran mitra binaan peternak sapi dan kambing, diwakili oleh Lurah Seputih Banyak 6, Tanjung Harapan, Soirin dan Camat Seputih Banyak, Supriyanto.

"Kami menandatangani Surat Perjanjian Pinjam Uang (SPPU) antara Pertamina dan setiap anggota calon mitra binaan petambak udang serta  calon anggota mitra binaan peternak sapi dan kambing," kata Hermansyah.

Tujuan program kemitraan tersebut untuk mendukung produktivitas petambak udang, peternak sapi, dan peternak kambing.

Dalam program kemitraan tersebut,  Pertamina Region Sumbagsel menyalurkan dana lebih dari Rp10 miliar bagi 132 petambak udang dan Rp1,9 miliar  bagi 29 peternak sapi dan kambing.

Pertamina juga melaksanakan penyerahan bantuan dana bina lingkugan secara simbolis kepada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Yayasan An Nida di Dusun Totoharjo, Desa Poncorejo, Kabupaten Pesawaran, Lampung, yang diterima langsung oleh Parno, selaku kepala sekolah.

Sementara itu, anggota kelompok mitra binaan petambak udang serta peternak sapi dan kambing mengungkapkan apresiasi dan mengucapkan terima kasih untuk program kemitraan dari Pertamina.

"Kami sangat bersyukur atas adanya program kemitraan ini, karena selain adanya pendanaan yang bisa dijadikan modal, akan ada tim teknis sebagai pendamping di lapangan. Kami berharap kami akan amanah dalam menjalankan dan memaksimalkan program kemitraan ini," kata Cokro Edi, perwakilan mitra binaan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Toga Mahaji sangat mendukung program kemitraan Pertamina kepada petambak udang di wilayah Bratesena. Penyaluran dana yang tepat seperti ini sangat dibutuhkan dalam memajukan ekonomi masyarakat.

"Ini merupakan inisiatif yang patut diacungi jempol, dan kami senang akhirnya pendanaan ini dapat terealisasi, mudah-mudahan dengan adanya dana tersebut petani tambak udang akan makin sejahtera," ujarnya.

Dengan dana tersebut,  diharapkan para petambak mitra binaan Pertamina dapat memanfaatkannya dengan baik, karena proses hingga bisa menjadi mitra Pertamina ini juga tidaklah mudah.