Mahasiswa Darmajaya ukir prestasi di luar negeri

id ibi darmajaya,sriyanto s.Kom,kampus ibi darmajaya

Mahasiswa Darmajaya ukir prestasi di luar negeri

Ilustrasi Gedung IBI Darmajaya. (foto/dok ibi darmajaya)

Para mahasiswa mengukir prestasi dalam program student mobility, outbound, dan joint research di empat negara, selain menyelesaikan studi dengan baik, kata Sriyanto
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Sebanyak 18 mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Lampung mampu mengukir prestasi dalam sejumlah program selain telah menyelesaikan studi dengan baik tersebar di empat negara.

"Para mahasiswa mengukir prestasi dalam program student mobility, outbound, dan joint research di empat negara, selain menyelesaikan studi dengan baik," kata Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya Sriyanto S.Kom,MM di Bandarlampung, Jumat (2/2).

Para mahasiswa itu 7 orang ke Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok, 5 mahasiswa ke Cheng Shiu Taiwan, 4 mahasiswa ke Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK) Thailand, dan 2 mahasiswa ke Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM).

Prestasi para mahasiswa itu, menunjukkan program student mobility dan join research bukan hanya tentang ilmu akademik, tapi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih kemampuan beradaptasi, bersosialisasi, meningkatkan kemampuan berbahasa asing, dan mengenal kebudayaan internasional.

"Kampus Darmajaya sangat bangga kepada para mahasiswa student mobility dan joint research yang tidak hanya mampu menyelesaikan studinya dengan baik, tapi mampu berprestasi. Bahkan mengharumkan nama Indonesia khususnya Lampung dengan memperkenalkan kebudayaan kita di luar negeri," ujarnya pula. Para mahasiswa itu telah kembali ke IIB Darmajaya pada akhir Januari 2018.

Prestasi yang diukir mereka, di antaranya juara 1 tingkat nasional di Taiwan dalam ajang new immigration dance melalui Tari Kreasi Muli Betanggai asal Provinsi Lampung. Ditampilkan mahasiswa student mobility di Cheng Shiu Taiwan, mereka yakni Yolanda Apriyanti, Faity Cristie, Lorensia Lilik PA, Nurul Faidila, dan joint research Ronal Diantry.

Kemudian, M Ridho Pamungkas, Rama Aldi Shanjaya, Hafsah Mukaromah, Deby Shinta EP, Mellisa Priscilla, Nazwa Ikmalia Fahmi, dan Safira Novriana Yasmin menampilkan Tari Bedana Kreasi dalam acara Multicultural Day di NTVU Tiongkok. Ridho juga memboyong 5 medali dari berbagai katagori lomba sepatu roda dalam event Shanghai Amateur Games.

Di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), Arinda Ajani dan Wike Mardiana menyelesaikan joint research dengan nilai A. Selain itu, Wike juga masuk 5 besar dalam ajang Voice Out Challenge di UTeM.

Mahasiswa student mobility di RMUTK Thailand Reghita Indah PS menampilkan Tari Merak, dan Riftalia Anggraini menyanyikan lagu Bendera-Coklat dalam event Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Thailand (Permitha) yang dihadiri oleh KBRI Thailand. Sedangkan kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki Rangga Tirta H dan M Rizky Bratwijaya juga meningkat.


Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar