Menteri BUMN: Lampung Miliki Potensi Besar Pariwisata

id meneg bumn ke teluk nipah

Menteri BUMN: Lampung Miliki Potensi Besar Pariwisata

Menteri BUMN Rini M. Soemarno saat memberikan keterangan kepada wartawan (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Area yang dimiliki BUMN terutama perkebunan juga dapat dimanfaatkan dan berpotensi untuk perkembangan pariwisata...
Lampung Selatan (ANTARA Lampung) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menilai Provinsi Lampung berpotensi besar mengembangkan pariwisata dan memiliki lokasi strategis untuk pengembangan perekonomian.

"Area yang dimiliki BUMN terutama perkebunan juga dapat dimanfaatkan dan berpotensi untuk perkembangan pariwisata. Kebun ini bisa dikonvensi menjadi pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat Lampung," ujar Rini di Lampung Selatan, Sabtu (23/9)

Ia menyebutkan pengembangan pariwisata ini dapat dilakukan dengan bekerjasama pihak luar dan antarBUMN.

Karena, menurutnya dalam pariwisata BUMN juga memiliki pengalaman dalam pengembangan pariwisata seperti pengembangan Nusa Dua dan Lombok Mandalika.

Rini mencontohkan Pantai Teluk Nipah, Lampung Selatan dekat dengan Jakarta dan berpotensi besar jadi destinasi wisata, bahkan lebih indah dari Nusa Dua, Bali.

"Tentunya hal ini akan kami perhatikan dan akan menggerakkan tim untuk melakukan pengkajian lebih lanjut guna perkembangan pariwisata. Lampung sangat prospektif, terutama di Pantai Teluk Nipah yang memiliki laut terbuka serta terdapat teluknya. Jadi ini memiliki potensi yang baik bagi perkembangan pariwisata," jelas Rini.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono mengatakan kawasan Teluk Nipah, memiliki potensi wisata terpadu berskala internasional.

"Tempat ini sangat potensial sebagai perkembangan pariwisata karena ada laut, pasir, bukit dan daratan. Selain itu lokasinya tidak jauh dari Jalan Tol Trans Sumatera dan memiliki konektivitas yang bagus seperti Pantai Gigi Hiu dan Gunung Krakatau. Tentunya Menteri sangat puas karena ini dapat dikembangkan seperti Nusa Dua," jelas Sutono.

Wilayah tersebut, lanjutnya harus terintegrasi dan harus terdapat pelabuhan untuk kapal pesiar yang memiliki konektivitas pada Gigi Hiu dan Krakatau serta lainnya.

"Selain itu, perlu ditambahkan tempat, seperti taman buah. Oleh karenanya dibutuhkan perencanaan yang matang," kata Sutono.

Sutono menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung akan mendukung perkembangan pariwisata ini.

Hal itu, sejalan dengan program unggulan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, salah satunya terkait pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung.

"Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan serta PTPN 7 akan melakukan rapat lanjutan untuk melakukan pembahasan lebih lanjut terkait hal ini," tambah Sutono.

(ANTARA)