AIMI Dorong Pemda Jalankan Program ASI Eksklusif

id aimi lampung

AIMI Dorong Pemda Jalankan Program ASI Eksklusif

Pengurus AIMI Lampung foto bersama saat sosialisasi Perda Lampung tentang Pemberian ASI Eksklusif. | (FOTO: AIMI Lampung)

...Mari kita bersama-sama mendorong Program ASI Eksklusif dengan pembinaan tenaga kesehatan dan pengawasan implementasi regulasi serta bekerja sama dengan berbagai pihak...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) mendorong pemerintah daerah di Provinsi Lampung serius menjalankan program pemberian air susu ibu eksklusif kepada bayi hingga umur enam bulan.

"Mari kita bersama-sama mendorong Program ASI Eksklusif dengan pembinaan tenaga kesehatan dan pengawasan implementasi regulasi serta bekerja sama dengan berbagai pihak," kata Ketua AIMI Lampung Upi Fitriyanti, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengungkapkan berdasarkan data profil kesehatan tahun 2016 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menunjukkan hanya 22,4 persen bayi mendapatkan ASI eksklusif sampai 6 bulan.

Berdasarkan data tersebut, lanjutnya, menunjukkan penurunan jika dibandingkan dengan data profil kesehatan tahun 2015, yaitu bayi yang mendapatkan ASI eksklusif sampai 6 bulan mencapai 54,9 persen.

"Terjadi penurunan angka ibu menyusui ini harus menjadi evaluasi," ujarnya lagi.

Upi menjelaskan program pemberian ASI eksklusif mesti dilakukan bersama-sama oleh pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan.

Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan Pekan ASI Sedunia Tahun 2017 yang diselenggarakan setiap 1-7 Agustus dengan tema "Bekerja Bersama untuk Keberlangsungan Menyusui" yang bertujuan untuk menekankan dukungan berbagai pihak guna mencapai kesuksesan menyusui.

AIMI, lanjutnya, secara nasional mengajak untuk membangun kerja sama tanpa konflik kepentingan.

"Kenapa penting untuk membangun kerja sama tanpa konflik kepentingan, agar berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menyukseskan Program ASI Eksklusif bisa sinkron dengan tujuan dari manfaat pemberian ASI itu sendiri," ujarnya pula.

Karena itu AIMI Cabang Lampung berupaya setiap program kerjanya melibatkan pemerintah dan masyarakat, dan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah AIMI Lampung "Goes to Puskesmas".

Kegiatan tersebut sebagai upaya memberikan sosialisasi tentang manfaat ASI dan menyusui kepada kader posyandu dan masyarakat sekitar puskesmas.

Dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia Tahun 2017, AIMI Lampung Goes To Puskesmas akan dilaksanakan pada tiga puskesmas di Bandarlampung, yakni Puskesmas Panjang, Palapa, dan Kampung Sawah.

Tahun sebelumnya AIMI juga sukses mengadakan kegiatan serupa di 8 puskesmas yang tersebar di Bandarlampung dan Kabupaten Pringsewu.

Selain kegiatan tersebut, AIMI juga akan menggelar kampanye menyusui dan konsultasi menyusui gratis di car free day yang akan berlangsung di Bundaran Tugu Adipura pada 6 Agustus mendatang.

Ketua AIMI Cabang Lampung itu menambahkan, dengan kegiatan tersebut diharapkan semakin banyak masyarakat yang terinformasikan tentang manfaat ASI, sehingga akan meningkatkan angka ibu menyusui.