Rektor Unila Lantik Kepengurusan Baru Pers Mahasiswa Teknokra

id Pelantikan Pengurus Baru Teknokra Unila, Rektor Unila Lantik Pengurus Baru Teknokra Unila, Kurnia Mahardika, Teknokra Unila

Para pengelola pers mahasiswa Teknokra Unila ini diharapkan tetap mengedepankan sikap kritis dan objektif serta landasan ilmiah sejalan dengan akronim 'Teknologi, Inovasi, Kreativitas, dan Aktivitas' (Teknokra)....
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Rektor Universitas Lampung Prof Hasriadi Mat Akin melantik kepengurusan baru Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa Teknokra Universitas Lampung, salah satu unit kegiatan pers mahasiswa di Indonesia yang eksis sampai kini.

Kepengurusan baru Teknokra Unila periode tahun 2016--2017 ini, dilantik Rektor Unila itu di Kampus Gedongmeneng Bandarlampung, Selasa siang.

Adapun kepengurusan baru Teknokra Unila yang dilantik itu, antara lain dengan jajaran pimpinannya, yaitu Kurnia Mahardika sebagai Pemimpin Umum, Ayu Yuni Antika Pemimpin Redaksi, dan Fitria Wulandari sebagai Pemimpin Usaha, serta Khorik Istiana Kepala Kesekretariatan, dan Imam Gunawan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan.

Pengurus baru itu terbentuk sebagai tindaklanjut hasil pelaksanaan Musyawarah Besar XXV yang dilaksanakan pada 24--26 Desember 2015, untuk memilih pemimpin dan pengurus baru pers mahasiswa Unila ini.

Pengurus baru UKPM Teknokra Unila dengan nakhoda Kurnia Mahardika itu menggantikan kepengurusan periode tahun 2015--2016 lalu, yaitu Faris Yursanto (Pemimpin Umum Teknokra Unila periode 2014--2015), Fitri Rukishiro (Pemimpin Usaha), Hayatun Nisa Fahmiyati (Pemimpin Redaksi), Kurnia Mahardika (Kapuslitbang), dan Vivi Farid (Kasekret).

Kurnia Mahardika sebelumnya adalah Kapuslitbang Teknokra, dan dari hasil Mubes dipilih untuk memimpin Teknokra periode setahun mendatang setelah terpilih menjadi Ketua Formatur merangkap Pemimpin Umum UKPM Teknokra Unila periode 2015-2016, menggantikan Faris Yursanto.

Pelantikan kepengurusan baru Teknokra Unila itu dihadiri sejumlah perwakilan pimpinan unit kegiatan mahasiswa di Unila, alumni Teknokra Unila, dan undangan lainnya.

Beberapa alumni Teknokra Unila berharap para aktivis pers mahasiswa ini terus menempa diri dan berkarya di bidang jurnalistik, sekaligus melatih pula kemampuan berorganisasi tanpa melupakan tugas akademik selaku mahasiswa.

Para pengelola pers mahasiswa Teknokra Unila ini juga diharapkan tetap mengedepankan sikap kritis dan objektif serta landasan ilmiah sejalan dengan akronim 'Teknologi, Inovasi, Kreativitas, dan Aktivitas' (Teknokra) dan menjaga moto sebagai pers mahasiswa dengan karya jurnalistik dihasilkan yang "Ilmiah Bisa Populer juga Boleh"

Pers mahasiswa Teknokra merupakan lembaga pers mahasiswa tingkat universitas di Unila. Teknokra didirikan sejak tahun 1977 di bawah naungan Dewan Mahasiswa (Dema).

Teknokra adalah salah satu institusi pers mahasiswa yang masih eksis di Indonesia sampai saat ini, dan telah menghasilkan lulusan sebagian di antaranya memilih menjadi jurnalis profesional pada sejumlah media massa nasional dan lokal maupun penulis buku dan editor.

Lulusan Unila yang pernah aktif di Teknokra juga memilih profesi lainnya seperti dosen/pendidik, peneliti, pegawai pemerintahan dan swasta, pengusaha, politisi, pengacara, pekerja sosial dan pegiat LSM.