Warga Moromoro Memperingati Hari HAM.

id Warga Moromoro Peringati Hari HAM, Peringatan Hari HAM Moromoro, Hari HAM

Mesuji, Lampung (ANTARA Lampung) - Hari Kamis (10/12), warga Moromoro di Kabupaten Mesuji, Lampung, mengadakan aksi damai di kawasan Register 45 Mesuji, untuk memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM).

Aksi yang diikuti dari  warga Moromoro, Persatuan Petani Moromoro Way Serdang (PPMWS), Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA), dan Front Mahasiswa Nasional (FMN), dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB. Dimulai aksi dari Simpang Asahan sampai Simpang D, diikuti ratusan warga Moromoro.

Aksi ini untuk memperingati pelanggaran HAM yang terjadi di negara ini. Bayak pelanggaran HAM yang terjadi tetapi tidak diselesaikan oleh negara. Sampai saat ini masih banyak pelanggaran HAM yang terjadi misalnya di bidang pertanahan masyarakat tidak diberikan hak untuk bisa menggarap lahan di negaranya sendiri. Bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan, ini merupakan pelanggaran HAM yang terjadi.

Pengingkaran hak pendidikan di Moromoro dengan tidak diberikan akses kegiatan belajar mengajar di SD Morodewe. Ratusan anak terpontang-panting untuk bisa tetap sekolah. Mereka harus menempuh jarak 12 km untuk bisa bersekolah, ujar Agus, mahasiswa IAIN Lampung aktivis FMN.

Hak yang harus diberikan untuk masyarakat di sana, sehingga pemerintah harus memenuhi hak mereka. Mereka juga adalah warga negara Indonesia, sudah seharusnya pemerintah memperhatikan nasib anak penerus bangsa dan warga Moromoro.