PDIP adukan KPU Lampung Timur ke Bawaslu

id bawaslu, kpu lampung timur,

PDIP adukan KPU Lampung Timur ke Bawaslu

Kantor Bawaslu (octvi.wordpress.com)

Jakarta,  (Antara Lampung) - DPP PDI Perjuangan menyesalkan tindakan KPU Kabupaten Lampung Timur yang telah menggugurkan Calon Bupati dari PDI Perjuangan, Erwin Arifin, dengan alasan Calon Wakil Bupati Prio Budi Utomo meninggal dunia, oleh karena itu akan mengadukan hal tersebut kepada Bawaslu RI.
      
"Akibat kesalahan tafsir yang dilakukan KPU Lampung Timur tersebut, maka PDIP, PAN dan PKS sebagai partai yang berkoalisi dalam pilkada Lampung Timur telah dirugikan hak konstitusinya oleh tindakan tersebut," kata Ketua Departemen Internal DPP PDI Perjuangan Sudiyatmiko Aribowo, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.
     
 Menurut Sudiyatmiko, KPU Lampung Timur secara jelas telah salah mengartikan frasa 'pasangan calon yang berhalangan tetap' dalam ketentuan pasal 54 ayat (5) UU No 8 Tahun 2015.
      
Keputusan KPU Lampung Timur itu menafsirkan UU dengan menganggap apabila salah satu calon mengalami halangan tetap dalam hal ini meninggal dunia/terkena putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap maka pasangan calon bupati dan wakil bupati digugurkan keduanya sebagai peserta pilkada.
      
Menyikapi hal itu, pada Jumat ini pukul 13.00 Wib, DPP PDIP bersama DPP PAN dan DPP PKS akan melaporkan tindakan KPU Lampung Timur tersebut kepada Bawaslu RI.
      
"Kami akan minta Bawaslu untuk segera melakukan tindakan yang dianggap perlu untuk menyelesaikan permasalahan di pilkada Lampung Timur," ujarnya.
       
Terlebih, dalam masalah ini Calon Bupati Erwin Arifin melalui kuasa hukumnya juga sedang mengajukan uji materi atas pasal yang mendasari pengguguran pencalonan Erwin tersebut, yakni Pasal 54 Ayat 5 UU 8/2015.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar