Bandarlampung (ANTARA) - PT XL Axiata (XL Axiata) memperkuat jaringan data di Provinsi Lampung mengingat trafik layanan yang juga terus meningkat sehingga masyarakat nyaman menggunakan provider ini.

"Sebenarnya, penguatan jaringan XL telah dilakukan, dengan optimasi, fiberisasi, perluasan jangkauan, hingga peningkatan kapasitas jaringan di lokasi-lokasi strategis dan destinasi wisata unggulan," kata Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi, dalam keterangannya yang diterima di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan penguatan jaringan di Provinsi Lampung sendiri sebenarnya juga terus dilakukan XL Axiata sepanjang tahun, mengingat trafik layanan yang juga terus meningkat.

"Sejak dua tahun terakhir, hingga saat ini trafik telah meningkat sekitar 25 persen. Selain itu, peningkatan aktivitas produktif dan literasi digital masyarakat juga ikut meningkatkan pemakaian layanan XL Axiata," kata dia.

Dia pun mengungkapkan bahwa total jumlah BTS 4G XL Axiata di Provinsi yang mendapat julukan Sai Bumi Ruwa Jurai ini juga terus meningkat, hingga mencapai lebih dari 4.800.

"Jumlah pelanggan XL Axiata mencapai lebih dari 1,6 juta pelanggan di seluruh Provinsi Lampung, termasuk di Kabupaten Lampung Tengah lebih dari 270 ribu pelanggan," kata dia.

Jaringan XL Axiata di Lampung telah menjangkau lebih dari 2.515 Desa di 223 Kecamatan dalam 15 Kabupaten di Provinsi Lampung.

"Untuk daerah blank spot, sudah dalam analisa dan perencanaan kedepannya, akan ada pembangunan di 330 titik perencanaan area baru," kata dia.

Ia mengatakan beberapa daerah yang saat ini memiliki trafik data tertinggi , antara lain Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan dan Lampung Timur. Di area-area tersebut banyak terdapat destinasi wisata dan pusat ekonomi lokal.

"Kualitas layanan jaringan internet tercepat XL Axiata telah menjangkau objek-objek  wisata di Provinsi Lampung, sehingga pelanggan bisa berselancar di dunia maya untuk menikmati foto-foto terbaik selama berada di Provinsi Lampung," kata dia.

Baca juga: XL Axiata perluas solusi digital berbasis IoT ke ponpes

Baca juga: SMAN 4 Metro targetkan juara Axis Nation Cup 2024 di Palembang

Baca juga: XL Axiata rayakan HUT ke-28 dengan hadirkan penawaran promo spesial


Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024