Bandarlampung (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pelabuhan Tarahan bersama masyarakat Desa Sidodadi, Lampung melakukan kegiatan tanam mangrove yang bermanfaat untuk kelangsungan lingkungan hidup dan memberikan kebaikan bagi generasi mendatang.

Saat ini kemampuan hutan mangrove untuk mengikat karbon dioksida (CO2) dapat mengurangi pemanasan global, menyerap emisi karbon, mencegah abrasi dan menjadi tempat pemijahan biota laut.

Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Bina Jaya Lestari Andi Sofyan kepada masyarakat Desa Sidodadi di Lampung, Rabu, memastikan pihaknya akan terus melakukan edukasi serta mengajak masyarakat di pesisir untuk melestarikan hutan mangrove.

"Didampingi oleh Bukit Asam, kita melakukan pembinaan. Selalu yang kita sampaikan ke masyarakat bukan sekadar materi yang kita dapatkan. Tapi bagaimana generasi yang akan datang mendapatkan kebaikan dari yang kita kerjakan sekarang," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Aan ini memastikan manfaat kehadiran mangrove sudah dirasakan masyarakat Desa Sidodadi, baik dari sisi lingkungan maupun sosial dan ekonomi, karena banyak sebagian warga sudah mulai menekuni usaha pembibitan mangrove.

"Masyarakat di pesisir sudah merasakan manfaat ekonomi dari mangrove. Bibitnya bisa dijual. Dari sisi sosial, tumbuh kekompakan. Dari tadinya tidak ada yang menyemai, sekarang banyak yang menyemai," kata Aan. 

Dia menambahkan selama ini dukungan PTBA Unit Pelabuhan Tarahan kepada masyarakat desa tidak hanya sebatas kepada pemberdayaan mangrove, karena perusahaan juga telah membina Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Desa Sidodadi untuk menunjang pengembangan Kawasan Ekowisata Mangrove Cuku NyiNyi. 

"Bukan sekadar penanaman mangrove. Bukit Asam hadir di tengah-tengah kita, mendukung pembinaan masyarakat, membina pelaku UMK, ekonomi kreatif, memberikan pengetahuan. Kami sangat terbantu oleh Bukit Asam yang hadir di tengah-tengah kita," ujarnya.

KTH Bina Jaya Lestari telah bermitra dengan PTBA Unit Pelabuhan Tarahan sejak 2022. Hingga saat ini, KTH Bina Jaya Lestari yang berkolaborasi dengan PTBA Unit Pelabuhan Tarahan telah melakukan penanaman sekitar 30 ribu bibit mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove Cuku NyiNyi.

 
 






 

Pewarta : Satyagraha
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024