Itera dan Pemkab Kepahiang bahas potensi kerja sama pembangunan daerah

id lampung, itera, institut teknologi sumatera

Itera dan Pemkab Kepahiang bahas potensi kerja sama pembangunan daerah

Itera dan Pemkab Kepahiang Bengkulu diskusi bahas kerja sama pembangunan daerah (ANTARA/HO-Itera)

Kami menilai perlu meningkatkan sumber daya manusia dan membangun infrastruktur

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) melalui Fakultas Teknologi Industri (FTI) Itera menjajaki kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, untuk pendampingan pembangunan daerah.

Hal tersebut ditandai dengan audiensi yang dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang Hartono, Staf Ahli Bupati Sudarno Kusuma, Asisten 1 Husni Tamrin, serta jajaran kepala dinas Pemerintah Kabupaten Kepahiang ke Itera.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Workshop Gedung C tersebut dihadiri oleh Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, Dekan Fakultas Teknologi Industri Hadi Teguh Yudistira, serta para dosen dari berbagai program studi. 

Sekretaris Daerah Kepahiang Hartono menjelaskan kedatangan tim Kepahiang tersebut bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan Itera, dengan melibatkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki Itera. Kerja sama tersebut, nantinya juga dapat melibatkan berbagai program studi terkait.

“Kami menilai perlu meningkatkan sumber daya manusia dan membangun infrastruktur, kami butuh kajian dari pihak Itera berdasarkan data untuk meningkatkan potensi yang ada di daerah kami, agar lebih tepat guna,” ujar Hartono.

Letak Kabupaten Kepahiang berada antara daerah Pagar Alam, Bengkulu dan Curup, yang sangat strategis untuk mengembangkan hasil sumber daya alam menjadi produk bernilai jual. Namun, Kepahiang menghadapi persoalan sumber daya manusia.

Salah satu komoditas unggulan Kabupaten Kepahiang adalah kopi. Saat ini, kopi yang dihasilkan dari Kepahiang dikirim ke Medan, Surabaya dan Lampung sehingga tidak ada produk hasil olahan kopi khas Kepahiang.

Selain dari sumber daya alam, Kabupaten Kepahiang menyimpan potensi pariwisata dalam hal kuliner dan perkebunan.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha menyambut baik penjajakan kerja sama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepahiang.

"Kami sangat terbuka untuk selanjutnya berdiskusi menjajaki potensi yang ada di Kepahiang dan kami sangat terbuka untuk meningkatkan potensi yang ada di sana," ujar Rektor.

Baca juga: Tim BIM Itera siap ikuti kompetisi konstruksi nasional November 2024

Baca juga: Itera dan Mitra Program CRIC Prancis kolaborasi dukung sistem peringatan dini

Baca juga: Serahkan SK CPNS dan PPPK, Rektor Itera ajak wujudkan Visi Misi Kampus