Darmajaya Business Plan Competition dorong generasi muda jadi wirausaha

id lampung, kampus, perguruan tinggi, universitas, darmjaya, IIB DArmajaya

Darmajaya Business Plan Competition dorong generasi muda jadi wirausaha

Darmajaya Business Plan Competition: mendorong generasi muda lampung menjadi entrepreneur (ANTARA/HO-Darmajaya)

Darmajaya Business Plan Competition IIB Darmajaya sangat seru dan menyenangkan

Bandarlampung (ANTARA) - Darmajaya Business Plan Competition (DBPC) 2024 mencatatkan tiga sekolah menjadi pemenang dalam kompetisi yang bertujuan untuk mencetak generasi muda agar terjun ke dalam dunia wirausaha dan mengembangkan bisnis sendiri.

Tiga sekolah tersebut yakni SMAN 2 Tulangbawang Tengah meraih juara pertama dengan Ecoducation dan menerima uang tunai sebesar Rp2 juta, trophy, e-sertifikat, dan beasiswa.

Kemudian, SMKK BPK Penabur Bandarlampung menempati juara kedua dengan Sparta Corp dan berhak menerima Rp1,5 juta, trophy, e-sertifikat, dan beasiswa dan SMAN 15 Bandarlampung meraih juara ketiga dengan Coockie Craft dan menerima uang tunai Rp1 juta, trophy, e-sertifikat, dan beasiswa.

Penjurian akhir dari kompetisi tersebut dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Muhammad Said Hasibuan dan perwakilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Muhammad Saputra, di ruang rapat Co Working Space Darmajaya Society Center Lantai II pada Senin (19/8).

Perwakilan SMAN 2 Tulangbawang Tengah dari Ecoducation, Novia Nur Salima mengaku senang dan bangga bersama timnya bisa meraih juara pertama, karena ini untuk pertama kalinya bisa mengikuti kompetisi bisnis. Hadiahnya, lanjut dia, akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

“Darmajaya Business Plan Competition IIB Darmajaya sangat seru dan menyenangkan,” kata dia.

Ecoducation merupakan bisnis yang mencakup dua bidang, yaitu ecocraft yang menyediakan berbagai macam produk ecoprint dan education center yang membuka jasa pelatihan pembuatan ecoprint.

Wakil Rektor Bidang Nonakademik Muprihan Thaib, S.Sos., M.M turut mengucapkan selamat kepada pemenang dan berharap rencana bisnis yang disertakan dalam kompetisi bisa berkembang dan berjalan.

Muprihan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dari Bandarlampung dan luar Bandarlampung atas partisipasi dalam Darmajaya Business Plan Competition (DBPC) 2024.

"Jangan lupa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di IIB Darmajaya," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Inkubator Bisnis Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M., mengatakan pada awalnya terdapat 11 sekolah yang terjaring dari puluhan peserta kompetisi untuk dilakukan pitching.

"Dari belasan sekolah tersebut terdapat lima sekolah terbaik dengan juara satu hingga kelima,” ungkapnya.

Lilla menambahkan kegiatan ini juga pertama kalinya digelar untuk memberikan kesempatan kepada pelajar SMK membuat rencana bisnis dan mengembangkan usaha sendiri.

"IIB Darmajaya berkomitmen untuk menyebarkan virus entrepreneur kepada generasi muda di Provinsi Lampung. Tidak hanya pada mahasiswa tetapi juga masyarakat," ujarnya.

Darmajaya Business Plan Competition merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya, Youth Business Camp (YBC) pada 6 - 8 Agustus 2024. Kegiatan YBC diikuti oleh 51 siswa dari 17 sekolah se-Lampung.

Baca juga: Mahasiswa Magister Teknik Informatika IIB Darmajaya pilih tugas akhir publikasi jurnal

Baca juga: Dosen IIB Darmajaya beri pendampingan UKM Miranti di Tulangbawang Barat

Baca juga: Kolaborasi Dosen IIB Darmajaya perkuat penjualan UMKM melalui e-Promotion