Kemenag Bandarlampung catat jumlah hewan kurban capai 5.331 ekor

id Lampung,Kemenag Bandsrlampung,Idul Adha,Pemkot Bandarlampung,Hewan kurban

Kemenag Bandarlampung catat jumlah hewan kurban capai 5.331 ekor

Kepala Kantor Kemenag Bandarlampung H Makmur saat dimintai keterangan. Bandarlampung, Senin (17/6/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandarlampung menyebutkan bahwa jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah di kota ini mencapai 5.331 ekor.

"Secara keseluruhan hewan yang akan dikurbankan di kota ini mencapai 5.331 ekor, terdiri dari 2.205 sapi dan 3.126 sapi," kata Kepala Kantor Kemenag Bandarlampung H Makmur, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa data hewan kurban tersebut didapatkan dari seluruh kantor urusan agama (KUA) di 20 kecamatan di Kota Bandarlampung.

"Jadi memang setiap masjid dan mushola itu melapor ke KUA, terkait berapa ekor hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha. Jadi jumlah hewan kurban tahun ini hampir sama dengan tahun lalu, hanya ada peningkatan sedikit," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa dari jumlah 5.331 hewan kurban tersebut, terdapat 90 ekor hewan kurban bantuan dari Pemkot Bandarlampung yang tersebar di sejumlah wilayah di kota ini.

"Untuk bantuan dari Pemkot Bandarlampung tercatat 54 ekor sapi dan 36 ekor kambing," kata dia.

Makmur berharap agar penyaluran daging kurban tepat sasaran kepada fakir miskin dan juga orang yang benar-benar membutuhkan, ataupun kurang mampu.

"Memang penyaluran daging kurban ini rata-rata dibagikan ke warga lingkungan masjid. Hewan kurban ini memang sepertiga boleh dimakan oleh yang berkurban, sepertiga disedekahkan dan sepertiga lagi dihadiahkan. Tentu harapannya dahulukan orang fakir miskin, membutuhkan dan kurang mampu," kata dia.