Damri Lampung: 98 armada siap layani mudik Lebaran

id Lampung,Damri Lampung,Mudi Lebaran,Mudik,Lebaran

Damri Lampung: 98 armada siap layani mudik Lebaran

Sejumlah bus Damri Lampung sedang terparkir di halaman kantor Damri cabang Lampung. Bandarlampung, Senin, (25/3/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Tahun ini karena ada peningkatan pemudik, maka armada juga kami tambah karena menyesuaikan, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri cabang Lampung menyiapkan 98 armada angkutan guna menghadapi arus mudik Lebaran 1445 Hijriah/2024.

“Tahun lalu sekitar 89 armada hingga 90 armada dan tahun ini menjadi 98 armada. Jadi berdasarkan evaluasi tahun lalu memang ada penambahan 10 persen armada di mudik tahun ini," kata Asisten Manajer Layanan Jasa Damri Lampung Agung S di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, penambahan itu karena adanya peningkatan pemudik yang menggunakan layanan jasa Damri pada mudik Lebaran sekitar 10 persen.

"Tahun lalu jumlah pemudik yang menggunakan jasa bus Damri sebanyak 53.584 orang. Tahun ini karena ada peningkatan pemudik, maka armada juga kami tambah karena menyesuaikan," katanya. 

Menurut Agung, puncak arus mudik diperkirakan pada satu pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, namun begitu lonjakan penumpang bisa saja terjadi pada akhir Maret ini.

Selain itu, lanjut dia, guna menghadapi mudik lebaran 2024 Damri Lampung telah menyiapkan berbagai upaya guna memberikan kenyamanan penumpang ataupun pelanggan.

“Kami baru saja menghadiri rapat dengan Dishub Provinsi Lampung, dari situ terbentuklah posko di masing-masing instansi guna mengupdate informasi berkaitan manipulasi jalur dan sebagainya. Selain itu kami juga memiliki posko internal guna kelancaran mudik," katanya. 

Kemudian, lanjut dia, seluruh bus Damri yang tersedia saat ini semuanya sudah melewati pemeriksaan atau ramp chek, bekerja sama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

"Selain itu kami juga ada pemeriksaan kendaraan sendiri yang lebih mendetail lagi. Hal ini tentu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik yang menggunakan jasa layanan Damri. Tentunya setelah semua yang sudah dilakukan, kami siap untuk mendukung suksesnya mudik Lebaran," katanya.

Baca juga: KAI Tanjungkarang sediakan 28.160 tiket KA Kuala Stabas untuk Lebaran

Baca juga: ASDP Cabang Bakauheni siapkan 66 kapal untuk Lebaran 2024

Baca juga: Pengelola tol Bakauheni-Terbanggi Besar tingkatkan keamanan di rest area saat mudik Lebaran