Bawaslu Bandarlampung persiapkan data hadapi PHPU

id Lampung,Bandarlampung,Bawaslu Bandarlampung,Bawaslu,Pemilu

Bawaslu Bandarlampung persiapkan data hadapi PHPU

Arsip: Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Apriliwanda saat dimintai keterangan. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan data-data guna menghadapi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

"Hari ini sebenarnya kami ditunggu terkait data PHPU 2024," kata Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Apriliwanda, di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, hal tersebut sesuai imbauan Bawaslu Provinsi Lampung kepada jajaran Bawaslu di 15 kabupaten/kota guna menyusun semua data guna persiapan PHPU.

"Jadi semua data yang dibutuhkan terkait dengan PHPU dari tiga divisi yang ada ini sudah kami susun. Mulai Divisi Pengawasan, Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Divisi Penyelesaian Sengketa,” kata dia.

Apriliwanda juga mengatakan bahwa Bawaslu Kota Bandarlampung telah melakukan evaluasi kinerja pengawas pemilu

"Terdapat beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi kami bersama terkait dengan pengawasan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara hasil Pemilu 2024, salah satunya adalah kecepatan memasukkan data," kata dia.

Menurut dia, proses input data yang dilakukan sebenarnya sudah cukup cepat, tapi harus lebih ditingkatkan lagi, sebab dari sejumlah berkas data yang harus dimasukkan ternyata masih ada pengawas pemilu yang belum memasukkan Form A.

"Jadi data yang diinput di antaranya formulir model C.hasil, formulir A penyampaian hasil penghitungan suara, formulir model A pengawasan. Data-data ini nanti alan dijadikan sebagai persiapan untuk menghadapi PHPU," kata dia.