Itera sebut pembangunan dua gedung dari dana SBSN capai Rp154,5 miliar

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,Itera

Itera sebut pembangunan dua gedung dari dana SBSN capai Rp154,5 miliar

Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, bersama stakeholder terkait meresmikan fasilitas baru yang baru diresmikan yaitu Gedung Kuliah Umum (GKU) 2, dan Laboratorium Teknik (Labtek). Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Sabtu, (15/3/2024). (ANTARA/HO-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyebutkan pembangunan dua gedung baru yang diresmikan dari pendanaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI mencapai Rp154,5 miliar..

Dekan Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Itera Arif Rohman selaku penanggung jawab anggaran, di Kabupaten Lampung Selatan, Jumat, mengatakan dua fasilitas baru yang diresmikan yaitu Gedung Kuliah Umum (GKU) 2 dan Laboratorium Teknik (Labtek).

"Pembangunannya menggunakan dana SBSN Kemenkeu dengan skema Multi Years Contract (MYC) Tahun 2022-2023," katanya. 

Rektor Itera Prof  I Nyoman Pugeg Aryantha menyampaikan peresmian GKU 2 dan Labtek 4 merupakan modal dasar fisik PTN ini untuk mengemban amanah dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

"Itera masih akan terus membangun sesuai masterplan pengembangan kampus, karena hingga saat ini baru sekitar 30 persen sarana fisik Itera yang sudah terbangun," ujarnya. 

Ia berterima kasihnya kepada kementerian terkait dan seluruh jajaran yang mendukung kelancaran pembangunan GKU 2 dan Labtek 4 yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Itera.

"Melalui peningkatan kualitas pendidikan tinggi yang dilakukan Itera, maka akan menjadi modal membangun Provinsi Lampung dan Sumatera. Kami mengapresiasi pembangunan melalui skema SBSN dan mahasiswa untuk merawat modal dasar yang diberikan kepada Itera," ujarnya .

Saat ini, lanjut dia, GKU 2 sudah dimanfaatkan sebagai tempat perkuliahan mahasiswa. Namun Itera juga masih mempunyai pekerjaan rumah untuk melengkapi sarana dan prasarana pendukung praktikutm di Labtek 4.

"Kami harap pemerintah terus berkomitmen membangun perguruan tinggi guna peningkatan kualitas SDM  dan teknologi. Sebab rasio penduduk dibanding kemajuan Iptek menentukan kemajuan bangsa untuk mengejar ketertinggalan," katanya.