Gubernur Lampung resmikan Rumah Sakit Hewan Kota Metro

id Rshmetro,rumah sakit hewan,gubetnur lampung

Gubernur Lampung resmikan Rumah Sakit Hewan Kota Metro

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin melihat ruangan RSH Kota Metro. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Rumah Sakit Hewan (RSH) Kota Metro, yang merupakan pertama dan satu-satunya di provinsi ini dan layak untuk menjadi rujukan kesehatan hewan bagi kabupaten/kota lain. 

"Jadi, rumah sakit hewan ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Lampung yang telah diinisiasi oleh wali kota. Tentu, saya sangat senang sekali, karena nantinya ada perhatian terhadap hewan, baik ternak ataupun hewan peliharaan," ujar Arinal, di Kota Metro, Selasa.

Menurutnya, ke depan RSH Kota Metro nantinya tidak hanya merawat hewan seperti kucing dan kelinci saja, tetapi juga melayani kesehatan hewan lainnya.

Arinal juga berharap, jangkauan pelayanannya bisa diperluas bukan hanya untuk masyarakat Kota Metro saja, tetapi bisa untuk daerah lainnya seperti Lampung Timur, Lampung Tengah dan kabupaten/kota di Lampung. 

"Nah, nanti kesehatan hewan lainnya bisa diperhatikan. Dokter juga harus mampu memberikan pelayanan mendatangi ke masyarakat. Apalagi, Metro ini merupakan kota rujukan dari berbagai kota dan kabupaten. Baik dari sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Semua bergeliat di Metro," ungkapnya. 
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin saat meresmikan RSH Kota Metro. (ANTARA/Hendra Kurniawa)

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin mengatakan, Metro ini merupakan pusat kegiatan wilayah (PKW). Maka, perlunya peningkatan sarana dan prasarana mulai dari pendidikan, kesehatan hingga ekonomi. 

"Tentu, terciptanya inisiasi rumah sakit hewan karena melihat Puskeswan dengan pasien yang cukup besar dan beberapa kajian lainnya. Alhamdulillah Pak Gubernur datang dan ini sangat tepat sekali karena Metro ini merupakan daerah penyangga dari beberapa daerah," kata dia. 

Dia menjelaskan, dalam menjalankan tugas di rumah sakit hewan ini, terdapat sembilan dokter hewan dan dua PPPK yang siap memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan. 

"Selain itu, tentu, nanti akan ada kerjasama dari pihak-pihak lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit hewan. Apalagi pak Gubernur sangat mensuport berdirinya fungsi rumah sakit ini," jelasnya. 

"Terlebih di tahun 2028 nanti, yang rencananya Lampung akan menjadi tuan rumah PON. Dimana, salah satu syarat nya di Lampung harus ada rumah sakit hewan, dan kita sudah terlaksana. Maka kita mendukung sinergi dari Provinsi," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Hewan, drh. Vita Maharjanti menyebutkan penanganan yang ada di rumah sakit hewan ini nantinya ada pemeriksaan klinis, pemeriksaan laboratorium dan rawat inap. 

"Nah, disini juga ada pet hotel nya dan ground juga. Apalagi kita dilengkapi oleh sembilan dokter hewan dan dua PPPK. Insha allah kita sudah bisa memberikan pelayanan yang prima," pungkasnya. (Adv)