Wali kota Bandarlampung minta Dinas Damkarmat agar maksimal layanan

id Lampung,Pemkot Bandarlampung,Wali Kota Bandarlampung,Damkarmat Bandarlampung

Wali kota Bandarlampung minta Dinas Damkarmat agar maksimal layanan

Wali Kota Bandarlamlung Eva Dwiana saat memberikan sambutan pada kegiatan Musaywarah Daerah (Musda) Asosiasi Pemadam Kebakaran (Apkari) Lampung. Bandarlampung, Selasa, (20/2/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Bandarlampung)

Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) dapat memaksimalkan layanan kepada masyarakat agar dapat menjadi contoh bagi kabupaten dan kota lain.

"Dengan dibentuknya Asosiasi Pemadam Kebakaran (Apkari) Lampung, dapat menjadi contoh bagi Damkar kabupaten kota lain di Provinsi Lampung," katanya di Bandarlampung, Selasa.

Terlebih, lanjut dia, saat ini Dinas Damkarmat Bandarlampung telah difasilitasi dengan berbagai sarana dan prasarana serta personel guna menunjang kinerja.

"Apalagi sekarang gedungnya sudah bagus, semuanya bagus. Tahun ini kami juga akan menambah armada baru agar optimal kinerjanya," kata Eva.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot Bandarlampung juga tengah mengajukan baju tahan api ke pemerintah pusat bagi personel Damkarmat.

"Saya sudah diskusi sama Kadis Damkarmat, terkait baju ini, karena ini harganya (mahal) hingga puluhan miliar maka kami ajukan ke pusat," kata Eva.

Sementara Kepala Informasi dan Komunikasi Apkari Lampung Nana Sukma Sukarna mengatakan Musyawarah Daerah Apkari di Lampung baru kali pertama.

"Tentunya pada Musyawarah Daerah Apkari, tujuan untuk menyatukan konsep pemadaman kebakaran se-Lampung," kata dia

Dia pun mengapresiasi Dinas Damkarmat Bandarlampung yang telah memiliki sarana dan prasaran yang cukup lengkap dalam melayani masyarakat yang terkena kebakaran dan semacamnya.

"Kami banyak mengambil aspirasi dari Dinas Damkarmat Bandarlapung yang fasilitasnya cukup mumpuni, karena memang tidak semua Damkar di kabupaten dan kota memiliki sarana dan prasaran seperti di sini," katanya. 

Namun begitu yang lebih penting dengan adanya asosiasi tersebut, kata dia, diharapkan bisa memberikan solusi bagaimana caranya kabupaten/kota lain melakukan penyelenggaraan yang sama dengan Bandarlampung.

"Kemudian, masyarakat juga perlu mengetahui bahwa Damkarmat bukan hanya bertugas memadamkan api saja. Tetapi lebih dari itu, Damkarmat juga bertugas melakukan pengawasan bangunan yang ada hingga penyelamatan," katanya.