Hadapi libur panjang, Polres Pesisir Barat optimalkan pengamanan lokasi wisata

id Pesisir Barat ,Amankan tempat wisata,Libur panjang

Hadapi libur panjang, Polres Pesisir Barat optimalkan pengamanan lokasi wisata

Suasana saat personel kepolisian Polres Pesisir Barat melakukan pengamanan di tempat wisata. (ANTARA/HO-Humas Polres Pesisir Barat)

Pada libur panjang seperti saat ini kunjungan wisatawan ke tempat wisata pasti akan meningkat, kata Ipda Kasiyono
Pesisir Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Barat, Lampung, mengoptimalkan pengamanan di tempat-tempat wisata sebagai upaya mengantisipasi melonjaknya kunjungan wisatawan pada libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 2024.

"Pada libur panjang seperti saat ini kunjungan wisatawan ke tempat wisata pasti akan meningkat, karena itu kami meningkatkan pemantauan aktivitas masyarakat di sejumlah tempat wisata," kata Kasihumas Polres Pesisir Barat, Ipda Kasiyono, di Krui, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif, serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap pengunjung pantai seperti kecelakaan laut.

"Personel Pleton Siaga Regu III Polres Pesisir Barat melakukan patroli dialogis sekaligus menyampaikan imbauan kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai agar berhati-hati serta menjaga anak-anak dan keluarga yang bermain di sekitar pantai," katanya.

Ia menyebutkan kawasan wisata yang menjadi perhatian akibat tingginya aktivitas masyarakat, di antaranya Pantai Labuhan Jukung, Mandiri, dan Tanjung Setia.

Selain melakukan pengamanan di lokasi dan di pintu-pintu masuk lokasi wisata, personel Polres Pesisir Barat juga menekankan kepada para pengunjung agar tetap mematuhi peraturan pantai dan menjaga anak-anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengamanan itu, menurut dia, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang menikmati liburan panjang di tempat-tempat wisata.

Kasihumas mengimbau seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di Pesisir Barat khususnya di tempat wisata seperti pantai dan mengharapkan agar wisatawan yang berkunjung tidak membuang sampah di pantai untuk menjaga kebersihan di tempat wisata.

Dalam patroli dialogis situasi kamtibmas di tempat-tempat wisata, secara umum berjalan aman dan kondusif, tambahnya.