Polisi tembak mati perampok bersenjata api

id Polda Riau tembak, perampok bersenjata api, baku tembak polisi

Polisi tembak mati  perampok bersenjata api

Polda Riau dan Polda Sumatera Barat saat pengungkapan kasus perampok bersenjata api yang tewas di Kabupaten Kampar. ANTARA/Annisa Firdausi.

Pekanbaru, (ANTARA) - Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Riau menembak seorang perampok bersenjata api yang melancarkan aksinya di berbagai lokasi di Sumatera Barat usai baku tembak di Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu.

Direskrimum Polda Riau Kombes Pol Asep Darmawan saat pengungkapan kasus itu menjelaskan pria berinisial R tersebut sempat melukai dua petugas ketika akan diringkus.

Pelaku R diduga terlibat dalam perkara perampokan bersenjata api di lima tempat di Sumatera Barat selama beberapa tahun dan telah masuk dalam pengejaran polisi sejak 2022.

"Kami mem-backup penangkapan pelaku yang tinggal di Kampar. Dia melakukan kejahatannya di Provinsi Sumatera Barat berkali-kali," kata Asep.

Saat menyergap R di kediamannya, menurut Asep, pelaku bertubi-tubi melepaskan tembakan ke arah aparat kepolisian yang menjemputnya.

"Akibatnya, Aiptu Edi jurmano tertembak di pergelangan tangannya," ujarnya.

Dia menjelaskan baku tembak tersebut terjadi dari depan hingga ke belakang rumah R. dan pelaku tak berhenti melepaskan timah panas ke arah petugas. Tembakan terhenti usai R akhirnya tewas di halaman belakang rumahnya.