Sultan Ternate harap kehadiran Anies Baswedan perkuat pesan perubahan Indonesia

id Kampanye anies, kesultanan ternate, pilpres 2024

Sultan Ternate harap kehadiran Anies Baswedan perkuat pesan perubahan Indonesia

Kunjungan calon Presiden nomor urut 01, Anies Baswedan bersama keluarga di Kedaton Kesultanan Ternate, Maluku Utara, Jumat (26/1/2024). (ANTARA/HO-Timnas AMIN)

Jakarta (ANTARA) - Sultan Ternate ke-49, Hidayat. M Syah berharap kehadiran calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan di Maluku Utara makin memperkuat pesan perubahan bagi Indonesia yang lebih adil dan makmur untuk semua

Dalam keterangan pers disiarkan di Jakarta, Jumat (26/1) , kedatangan Anies datang bersama istri dan putrinya di Kedaton Kesultanan Ternate disambut dengan prosesi adat Joko Kaha sebuah ungkapan selamat datang dengan membilas kaki dengan air sentosa dan membersihkan dengan rumput fartagu.

Anies bersilaturahim ke Kedaton Kesultanan Maluku Utara dengan menyambangi Kedaton Kesultanan Ternate untuk bertemu dengan keluarga besar Sultan Ternate ke-49, Hidayat M Syah.

"Semoga dengan hadirnya Pak Anies ini membawa berkah, pencerahan untuk masyarakat Maluku Utara dan memberi keadilan bagi rakyat Maluku Utara saat ini," ujar Sultan Hidayat.

Sultan Hidayat mengaku sudah mengidolakan Anies saat masih menjadi rektor Universitas Paramadina, dan telah mengikuti rekam jejak dan sepak terjangnya.

Baca juga: Ganjar sebut bupati boleh ikut kampanye, sudah ada pernyataan

Anies mengaku bersyukur bisa bersilaturahmi dengan Sultan Ternate ke-49. "Ini adalah sebuah kehormatan karena kita datang ke sebuah Kesultanan yang menjadi legenda di Nusantara," kata Anies.

Anies mengapresiasi peran dan kontribusi Kesultanan Ternate yang berusia lebih dari 800 tahun tersebut, menurutnya Kesultanan Ternate telah menjadi bagian yang mempersatukan republik dan juga memberikan sumbangsih besar pada kebudayaan.

"Kesultanan ini memiliki adat, tradisi yang mengakar kuat, jadi kami datang ke sini untuk memberikan rasa hormat, menyampaikan penghormatan dan kami berharap agar Kesultanan Ternate terus menjadi pilar penopang bagi kekuatan kebudayaan Indonesia, kekuatan persatuan Indonesia," kata dia.

Menurutnya, ini adalah sebuah perjalanan kultural sekaligus juga pesan bahwa di tanah itu sudah ada kemakmuran, sudah ada kesejahteraan, sudah ada jangkauan dunia yang amat panjang. Ia berharap dengan perubahan yang akan dilaksanakan saat ia terpilih, dapat mengembalikan tempat tersebut menjadi tempat yang memberikan kemajuan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Airlangga sebut keberpihakan Presiden dijamin undang-undang pemilu
Baca juga: Survei: Prabowo-Gibran pasangan capres-cawapres paling disukai masyarakat


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sultan Ternate harap kehadiran Anies perkuat pesan perubahan Indonesia