Malaysia kejutkan Korsel dengan bermain imbang 3-3

id Timnas Malaysia,Timnas Korea Selatan,Piala Asia 2023,Jeong Woo-yeong,Faisal Abdul Halim,Arif Aiman,Ahmad Syihan Hazmi,So

Malaysia kejutkan Korsel dengan bermain imbang 3-3

Para pemain Malaysia melakukan seleberasi setelah mencetak gol ketiga ke gawang Korea Selatanpada pertandingan Grup E Piala Asia 2023 di Stadion Al-Janoub Doha 25 Januari 2024. (ANTARA/AFP/HECTOR RETAMAL)

Jakarta (ANTARA) - Kejutan dibuat oleh Timnas Malaysia dengan memaksa Timnas Korea Selatan bermain imbang dengan skor 3-3 pada pertandingan terakhir Grup E di Stadion Al Janoub, Al-Wakrah, Kamis.
 
Pada pertandingan ini Malaysia mencetak gol melalui Faisal Abdul Halim, Arif Aiman dan Romel Morales Ramirez, sementara Korea Selatan lewat Jeong Woo-yeong, Ahmad Syihan Hazmi (bd) serta Son Heung-min, demikian catatan AFC.
 
Hasil ini tidak mempengaruhi posisi Malaysia yang tetap menempati posisi juru kunci klasemen akhir Grup E dengan satu poin dari tiga pertandingan.
 
Sementara itu Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk menghadapi juara Grup F dengan status runner-up Grup E setelah mengumpulkan lima poin dari tiga laga.
 
Secara statistik Korea Selatan mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 81 persen penguasaan bola dan melepaskan total 16 tendangan yang delapan di antaranya tepat sasaran.

Baca juga: Arab Saudi puncaki klasemen grup akan kontra Korsel
 
Korea Selatan mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan memiliki peluang lewat tendangan Son Heung-min yang masih belum menemui sasaran.
 
Skuad asuhan Jurgen Klinsmann sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu melalui gol sundulan Jeong Woo-yeong memanfaatkan umpan Lee Kang-in sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 21.
 
Selanjutnya Lee Kang-in yang menciptakan peluang, akan tetapi tendangannya masih belum membuahkan hasil.
 
Korea Selatan terus menggempur lini pertahanan Malaysia, namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan The Taeguk Warriors tetap bertahan.
 
Memasuki babak kedua, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan pada menit 51 lewat tendangan Faisal Abdul Halim sehingga skor kembali sama kuat 1-1.
 
Malaysia berbalik memimpin pada menit 62 setelah pemeriksaan VAR mengonfirmasi pelanggaran Seol Young-woo terhadap Arif Aiman di kotak terlarang dan pemain Johor Darul Ta'zim itu sukses mengeksekusi tendangan penalti sehingga skor berubah menjadi 2-1.
 
Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah tendangan Lee Kang-in berujung gol bunuh diri kiper Malaysia Ahmad Syihan Hazmi pada menit 83.
 
Memasuki waktu tambahan babak kedua, Korea Selatan berbalik unggul menjadi 3-2 lewat tendangan penalti Son Heung-min, tepatnya pada menit 90+4.
 
Namun, Malaysia menutup penampilan luar biasa ketika pemain pengganti Romel Morales mencetak gol di penghujung masa tambahan waktu, mengirim tendangan lurus ke sudut bawah untuk membuat laga berkesudahan dengan skor 3-3.

Baca juga: Bahrain puncaki Grup E Piala Asia

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Malaysia kejutkan Korea Selatan dengan bermain imbang 3-3