Wakapolda Lampung cek kesiapan personel jelang pemilu

id Pesisir Barat ,Wakapolda Lampung ,Pemilu 2024

Wakapolda Lampung cek kesiapan personel jelang pemilu

Wakapolda Lampung Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Pesisir Barat. (ANTARA/HO-Humas Polres Pesisir Barat)

Pesisir Barat (ANTARA) - Wakapolda Lampung Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Pesisir Barat, guna memastikan kesiapan personel Polres setempat menjelang Pemilu 2024.

"Kegiatan kunjungan ke Polres Pesisir barat ini bertujuan untuk melihat langsung sejauh mana kesiapan Polres Pesisir Barat dan situasi menjelang Pemilu 2024 di Kabupaten Pesisir Barat," kata Wakapolda Lampung Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dalam keterangannya, Selasa.

Ia mengatakan wilayah Pesisir Barat menjadi salah satu daerah yang menjadi tujuan utama pengamanan pemilihan umum, sebab daerah tersebut rawan akan peristiwa pada pemilu atau pilkada.

"Kabupaten Pesisir barat ini terdapat 21 TPS yang sangat rawan," kata dia.

Ia juga menjelaskan, daerah tersebut terdapat satu wilayah yakni di Kecamatan Bengkunat, tepatnya Pekon (Desa) Way Haru yang hingga saat ini pendistribusian logistik pemilu masih menggunakan gerobak, karena akses menuju daerah terpencil tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

"Kerawanan itu terkait dengan geografis dan di wilayah Pesisir Barat ini juga sangat unik dalam pendistribusian logistik pemilu di wilayah terpencil dengan menggunakan gerobak sapi," ujar dia.

Kemudian Wakapolda Lampung juga menambahkan, jumlah personil Polres Pesisir Barat sangat minim, karena Polres di daerah itu baru satu tahun berdiri.

"Untuk itu kita juga mengapresiasi kinerja selama ini dan kepada anggota harus tetap semangat, serta tetap berkoordinasi dan bekerja sama yang baik dengan forkopimda dan instansi terkait lainnya terutama dalam pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang agar berjalan lancar dan aman," katanya pula.

Kemudian, Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra, mengucapkan terimakasih kepada Wakapolda Lampung sudah menyempatkan waktunya untuk melaksanakan kunjungan kerja di Polres Pesisir Barat.

Dengan kedatangan Wakapolda Lampung ini tentu akan memberikan semangat lebih bagi jajaran Polres Pesisir Barat dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat di wilayah.

"Polres Pesisir Barat berdiri sejak tanggal 02 Februari 2023, dan saat ini sudah memberikan berbagai pelayanan seperti SKCK, pelayanan perpanjangan SIM keliling, dan pelayanan lainnya," kata Kapolres.

Walaupun baru berdiri 1 tahun, Polres Pesisir Barat terus berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan terkait dengan situasi wilayah yang ada di Kabupaten Pesisir Barat dan hingga saat ini masih berlangsung aman terkendali.

Kapolres menambahkan terkait pelaksanaan pemilu 2024 Polres Pesisir Barat berharap tambahan BKO untuk pengamanan Pemilu 2024 tersebut.

"Yakni sebanyak 106 personil di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan 100 personil bersiaga antisipasi situasi pemilu karena wilayah Pesisir Barat ini cukup luas dan komunikasi juga sulit, sehingga dalam pemilu dibutuhkan penambahan personil," ujarnya.*