Bandara Radin Inten akan tambah penerbangan perintis ke Krui Lampung Barat

id Penerbangan perintis, penerbangan Lampung, bandara Radin inten, bandara Taufik Kiemas, Krui pesisir barat, pariwisata La

Bandara Radin Inten akan tambah penerbangan perintis ke Krui Lampung Barat

Foto Arsip - EGM Bandara Radin Inten II Lampung Untung Basuki saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Kami akan memprogramkan pula perpanjangan landasan di Bandara Taufiq Kiemas karena saat ini belum bisa dilakukan pendaratan dengan menggunakan pesawat berbadan besar, yang bisa hanya pesawat ATR, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Pengelola Bandar Udara (Bandara) Radin Inten II Lampung akan menambah frekuensi penerbangan perintis menuju Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, Krui, Kabupaten Pesisir Barat menjadi dua kali dalam sepekan.
 
“Untuk penerbangan perintis menuju Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, Krui, Kabupaten Pesisir Barat memang potensinya sangat besar, karena Krui menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang terkenal sebagai tempat surfing kelas internasional dan banyak wisatawan mancanegara ke sana,” ujar EGM Bandara Radin Inten II Lampung Untung Basuki, di Lampung Selatan, Rabu.
 
Ia mengatakan, saat ini frekuensi penerbangan perintis yang melayani rute menuju Krui, Kabupaten Pesisir Barat hanya ada satu kali dalam sepekan yakni di hari Jumat, dari sebelumnya frekuensi penerbangan sempat tiga kali dalam sepekan.
 
“Sementara ini maskapai yang melayani penerbangan perintis hanya melakukan penerbangan sepekan sekali, dan nanti akan ditambah lagi menjadi dua kali sepekan. Sebelumnya penerbangan pernah tiga kali dalam seminggu,” ujarnya.
 
Pihaknya telah memprogramkan untuk pelaksanaan perpanjangan landasan di Bandara Taufiq Kiemas untuk memfasilitasi penerbangan bagi wisatawan yang ingin berpelesir di Krui, Kabupaten Pesisir Barat.
 
“Kami akan memprogramkan pula perpanjangan landasan di Bandara Taufiq Kiemas karena saat ini belum bisa dilakukan pendaratan dengan menggunakan pesawat berbadan besar, yang bisa hanya pesawat ATR,” katanya.
 
Menurut dia, pihaknya telah berkomunikasi dengan maskapai, agar dapat menangkap potensi penerbangan atas adanya destinasi wisata di Pesisir Barat yang dikenal wisatawan mancanegara.
 
“Sudah berkoordinasi dengan maskapai, diharapkan bisa menangkap potensi wisatawan yang cukup tinggi, sehingga ada penerbangan lanjutan juga dari Bali-Lampung-Krui. Pemerintah kabupaten pun sudah menjalin komunikasi untuk meningkatkan aksesibilitas menuju Pesisir Barat,” ujarnya.

Layanan penerbangan baru telah dibuka dari Bandara Radin Inten II Lampung, yaitu langsung ke Bali. Selanjutnya disiapkan pula penerbangan langsung Lampung ke Yogyakarta, selain penerbangan reguler yang sudah ada selama ini ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.