Selama 2023 Dinkes Pesisir Barat tangani 4.257 kasus ISPA

id Pesisir barat ,Dinkes ,ISPA

Selama 2023 Dinkes Pesisir Barat tangani 4.257 kasus ISPA

Ilustrasi- ISPA penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut. (ANTARA/HO)

Anak-anak lebih rentan terserang penyakit dan gangguan kesehatan saat daya tahan tubuhnya menurun, katanya

Pesisir Barat (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung menangani sebanyak 4.257 kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pada tahun 2023.

Plt Kepala Dinas kesehatan Pesisir Barat, Suryadi, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Minggu, mengatakan jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun 2022.

"Jumlah kasus ISPA pada tahun 2023 yang telah ditangani oleh Dinkes sebanyak 4.257 kasus, mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 5.202 kasus," kata dia.

Menurut dia, di saat daya tahan tubuhnya menurun maka dengan mudah terserang virus maupun bakteri penyebab ISPA.

"Anak-anak lebih rentan terserang penyakit dan gangguan kesehatan saat daya tahan tubuhnya menurun," katanya.

Ia menyarankan para orang tua untuk memastikan anak mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik agar daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Oleh karena itu, ia mengimbau warga untuk mewaspadai serangan ISPA." Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada," ujarnya.

Pencegahan yang paling efektif adalah menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin, rajin berolahraga, menggunakan masker serta sebisa mungkin menjauhi kerumunan dan menghindari asap rokok.

"Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dengan cara cuci tangan secara teratur setelah melakukan aktivitas di tempat umum, menghindari kebiasaan merokok, meminimalkan sentuhan tangan pada wajah, terutama bagian hidung, serta banyak mengonsumsi buah dan sayur," katanya.