Mahfud ingin menjadikan kembali Madura sebagai Pulau Garam

id Mahfud Md,Kampanye Mahfud,Madura Pulau Garam,pemilu

Mahfud ingin menjadikan kembali Madura sebagai Pulau Garam

Cawapres RI Mahfud Md. (kanan) saat memberikan sambutan di Pondok Pesantren Nahdlatut Thullab, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024). ANTARA/Rio Feisal

Sampang (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. ingin menjadikan kembali Madura, Jawa Timur, sebagai Pulau Garam. 

"Citra Madura sebagai Pulau Garam kami kembalikan karena di sinilah garam-garam terbaik untuk keperluan dunia itu dibuat," kata Mahfud di Pondok Pesantren Nahdlatut Thullab, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Kamis.

Menurut Mahfud, dahulu Madura dikenal sebagai Pulau Garam karena garam dari seluruh dunia berasal dari petani-petani garam di Madura.

"Dahulu Madura itu disebut Pulau Garam karena Madura inilah yang mengekspor garam ke berbagai dunia sehingga dunia mengimpor," katanya.

Namun, kata dia, petani hingga pabrik garam di Madura sedang merugi sehingga perlu langkah-langkah perbaikan terhadap kondisi tersebut.

"Itu kami sudah memperbaiki PT Garam sejak saya jadi anggota DPR RI pada tahun 2004," ujar Mahfud menjelaskan salah satu langkah perbaikan yang pernah dilakukan oleh dirinya.

Akan tetapi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut menyebut isu garam di Madura tidak selesai-selesai.

"Isunya garam di Madura ini tidak beres-beres. Kenapa? Karena kadang-kadang kita sudah membuat rakyatnya tidak disubsidi, tetapi malah suruh mengimpor dari luar sehingga garam-garam di Indonesia itu belinya yang impor dari mana-mana," ujarnya.

Mahfud juga mengatakan bahwa kondisi tersebut tidak terselesaikan karena pihak terkait tidak mau memperbaiki permasalahan soal garam tersebut.

Baca juga: Anies komitmen merawat dan mengembangkan budaya Indonesia

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.


Baca juga: Prabowo rasakan dapat dukungan besar dari Lampung
Baca juga: Kapolri pesan tokoh lintas agama jadi "cooling system Pemilu 2024


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mahfud ingin jadikan kembali Madura sebagai Pulau Garam