KPU Pesisir Barat sortir dan lipat surat suara DPR RI Pemilu 2024

id Pesisir Barat ,KPU ,Sortir dan lipat surat suara

KPU Pesisir Barat sortir dan lipat surat suara DPR RI Pemilu 2024

Suasana saat para warga dan petugas melakukan pelipatan surat suara di gedung logistik KPU Pesisir Barat Lampung. (ANTARA/HO)

Lampung Selatan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, telah melakukan tahap penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI Pemilu 2024.

Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Rabu, mengatakan pihaknya melibatkan ratusan masyarakat di daerah itu dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024

"Kami melibatkan sebanyak 120 orang untuk pelipat surat suara, yang saat ini surat suara yang dilipat adalah DPR RI," kata Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini.

Ia menjelaskan, pelipatan surat suara Pemilu 2024 tersebut dilaksanakan di gedung penyimpanan logistik yang bertepatan di Pekon (Desa) Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah.

"Untuk pelipatan surat suara ini dibutuhkan waktu sekitar 7 sampai dengan 10 hari mendatang," katanya.

Kemudian kata dia, dalam pemeriksaan dan penyortiran terdapat beberapa kertas surat suara yang mengalami kerusakan.

"Iya tadi sewaktu penyortiran ada kertas surat suara yang rusak, ada dua yang akan kami rekap dan nantinya dibuat berita acara dan dilaporkan ke pihak KPU RI untuk diteruskan ke percetakan untuk penggantinya," ujarnya.

Marlini juga mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian sebelum dimulainya kegiatan pelipatan surat suara Pemilu 2024.

Kemudian, dalam kesempatan lain, Kasihumas Ipda Kasiyono, saat dihubungi juga dari Lampung Selatan, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan pengamanan pelipatan surat suara di gedung logistik KPU, untuk mengantisipasi adanya gangguan ketertiban serta mengurangi kecurangan.

"Polres Pesisir Barat menerjunkan 15 Personil dalam Kegiatan Pengamanan dan Pengawasan pelipatan surat suara Pemilu 2024, yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran tahapan pemilu serta mengantisipasi adanya kecurangan atau gangguan yang dapat menghambat penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Pesisir Barat," kata Ibda Kasiyono.

Dalam pelaksanaan pengamanan, menurut dia, petugas melakukan pengawasan secara ketat mulai dari penyortiran surat suara hingga memastikan tidak adanya kertas suara yang rusak.

"Pada hari ini KPU Pesisir Barat melakukan pelipatan surat suara untuk pemilihan DPR RI, sebelum dilakukan pelipatan terlebih dahulu dilakukan penyortiran terhadap surat suara guna memastikan tidak adanya surat suara yang rusak pada saat tahapan pemilu 2024 nantinya," katanya.

Kemudian Kasihumas menambahkan, selain itu juga pengamanan dan pengawasan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran terhadap tata tertib penyortiran pelipatan surat suara pemilu 2024.