PT BPB Toll siap layani pemudik pada Natal dan Tahun Baru

id Lampung,Bandarlampung,Toll,Natal dan Tahun Baru

PT BPB Toll siap layani pemudik pada Natal dan Tahun Baru

Kesiapan yanh dilakukan oleh PT Bakuaheni Terbanggi Besar (BPB) Toll. Provinsi Lampung, (15/12/2023). (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Bakauheni Terbanggi Besar (BPB) Toll siap melayani pemudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang melintasi ruas jalan tol Bakauheni Terbanggi Besar (Bakter).

"Kami siap melayani masyarakat yang akan berlibur saat Natal dan Tahun Baru," kata 
Direktur Utama PT BTB Toll I Wayan Mandia, di  Lampung, Jumat.

Dia mengatakan,  PT BTB Toll menyiapkan sejumlah strategi untuk penanganan antrean kendaraan, diantaranya menyiagakan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Gerbang Tol Kotabaru dan Gerbang Tol Terbanggi Besar.

"PT BTB Toll juga menyiapkan Rest Area 20 B sebagai zona penyangga saat terjadi antrean kendaraan yang akan menuju ke Pelabuhan Bakauheni," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, pengelola juga telah meningkatkan pelayanan di rest area, seperti kebersihan tempat makan dan juga Mandi Cuci Kakus (MCK), ketersediaan air bersih, serta keamanannya.

" Selain itu kami juga bekerjasama dengan Pertamina Retail untuk penambahan SPBU modular di RA 20 B dan 49 B selama periode natal dan tahun bru," kata dia.

Wayan juga mengatakan, untuk menunjang kelancaran para pengguna tol, PT BTB Toll juga menyiagakan 200 personel Layanan Jalan Tol (LJT), mulai dari petugas patroli, petugas mobil derek.

"Kami juga menyiagakan petugas rescue, dan juga petugas ambulans bila terjadi sesuatu yang genting di ruas tol," kata dia.

Project Manager Ruas Tol Bakter Riadiano Muhammad menegaskan, kemajuan pemeliharaan dan perbaikan minor jalan tol ruas Bakter sudah berjalan dan akan selesai tanggal 20 Desember 2023.

"Kami pastikan untuk perbaikan jalan di beberapa titik saat ini akan rampung seluruhnya atau zero poth hole tanggal 20 Desember 2023 atau sebelum momen libur Natal dan Tahun Baru, perbaikan tersebut meliputi perbaikan jalan utama byserta bahu jalan,” kata dia.

Riadiano juga mengatakan, guna mengantisipasi keamanan di sepanjang jalan Tol Bakter terdapat 289 unit CCTV yang dipantau selama 24 jam. 

"Selain itu, PT BTB Toll juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak, yaitu Kepolisian, TNI, dinas perhubungan, pemprov atau pemda dan juga pihak terkait lainnya agar penyelenggaraan libur Natal dan Tahun Baru berjalan dengan lancar," kata dia.